Buka FGD Revitalisasi KUA, Kakan Kemenag RL Beri Pesan

Buka FGD Revitalisasi KUA, Kakan Kemenag RL Beri Pesan

Rejang Lebong (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong melalui Seksi BIMAS Islam mengadakan kembali kegiatan Focus Group Discussion (FGD) seputar Revitalisasi KUA  pada Rabu (18/05) yang lalu.

Kegiatan yang melibatkan 17 peserta yang merupakan penghulu serta Kepala KUA se-Kabupaten Rejang Lebong ini membahas tentang revitalisasi dan digitalisasi KUA yang menjadi program prioritas Menteri Agama saat ini. Adapun maksud dari pelaksanaan FGD kali ini merupakan bentuk follow up dari kegiatan FGD yang telah dilaksanakan tahun lalu. Kakan Kemenag Rejang Lebong, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I., M.Pd.I., turut hadir serta memberikan arahan dan dukungan dalam pelaksanaan diskusi.

“Kegiatan ini penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan KUA ke depan. KUA sendiri punya 10 fungsi yang semuanya harus dilaksanakan dengan baik. Pada praktik pelaksanaan fungsi-fungsi tersebut tidak menutup kemungkinan ada kendala dalam pelaksanaannya. Semoga kegiatan hari ini bisa menjadi wadah sharing membahas kendala serta rekomendasi untuk kendala yang ada,” ujar Nopian.

Nopian juga menambahkan bahwa selain fokus pada rencana perbaikan, penghulu dan Kepala KUA juga harus meningkatkan kedisiplinan agar senantiasa menciptakan ketertiban dalam administrasi pernikahan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor, Kepala Seksi Bimbingan Masayrakat (BIMAS) Islam, Drs. H. Akhmad Hafizuddin, MHI, menyebut bahwa ke depan ada banyak hal yang perlu ditingkatkan di KUA. Akhmad pun berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan aktif.

Di akhir pembahasan, forum ini menyetujui poin-poin rekomendasi yang kemudian akan menjadi bahan pertimbangan pembuatan kebijakan.

(Penulis : Lyanda)

Bagikan :