Kakan Kemenag Benteng Himbau Segerakan Bayar Zakat

Kakan Kemenag Benteng Himbau Segerakan Bayar Zakat

Bengkulu Tengah (Humas) – Penghujung Ramadhan dan Idul Fitri telah di depan mata. Di akhir-akhir Ramadhan atau menjelang hari raya Idul Fitri, umat Muslim diwajibkan untuk segera membayar zakat fitrah. Zakat fitrah (zakat al-fitr) merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki maupun perempuan muslim yang harus ditunaikan pada bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.

Untuk itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM mengimbau kepada seluruh ASN di jajarannya (Kemenag Kab. Bengkulu Tengah) serta masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah untuk segera membayar zakat fitrah.

“Zakat Fitrah itu wajib dikeluarkan setiap umat Muslim yang mampu dan dilaksanakan pada mulai masuk awal bulan suci Ramadhan hingga 1 Syawal menjelang sholat Idul Fitri, dengan tujuan untuk membersihkan jiwa orang yang berpuasa dari berbagai macam perbuatan sia-sia selama berpuasa,” ucap H. Sipuan ketika di temui di ruang kerjanya, Senin (10/05).

Menurut beliau, zakat fitrah sangat membantu masyarakat yang kurang mampu terlebih lagi sekarang masyarakat kurang mempu kesulitan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Oleh karena itu apabila masyarakat Muslim di Kab. Bengkulu Tengah hendak membayar zakat, Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah telah mengeluarkan Surat Edaran Zakat Fitrah Tahun 1442 H dengan Nomor Surat : 2135/Kk.07.10.4/BA.00/04/2021 tertanggal 19 April lalu yang berdasarkan hasil rapat antara Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, MUI Bengkulu Tengah, Ormas Islam Bengkulu Tengah, Kepala KUA Kecamatan se-Kab. Bengkulu Tengah, Baznas Kab. Bengkulu Tengah, dan UPZ yang ada di Kab. Bengkulu Tengah.

“Zakat akan memperluas peredaran harta. Dengan membayar zakat, maka harta tidak berhenti pada satu titik, tapi menyebar ke banyak orang. Dengan begitu manfaat zakat tidak hanya bersifat individu saja, tapi juga secara luas kepada masyarakat (aspek sosial),” pungkas beliau

Bagikan :