Menuju New Normal, Kakanwil Kemenag Bengkulu Puji Kesiapan Madrasah

Menuju New Normal, Kakanwil Kemenag Bengkulu Puji Kesiapan Madrasah

Bengkulu (Inmas) – Menyongsong masuknya kembali siswa-siswi ke Madrasah dan persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di era menuju New Normal di masa darurat Covid-19, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd melakukan kunjungan kerja (Kungker) ke sejumlah Madrasah di Kota Bengkulu. Kamis, (3/6).

Didampingi Ketua DWP Hj. Sukmawati, S.Ag, dan Kabid Penamad Kanwil Kemenag Dr. H. Junni Muslimin, MA, Kabid Pakis H. Hamdani, M.Pd. Kungker di awali di MTsN 1 Kota Bengkulu. Bustasar disambut Kamad Elza Avlenda, S.Pd, M. Si. Serta sejumlah dewan guru.

‘’Bagaimana Ibu Elza, kesiapan sarana dan prasarana untuk siswa-siswi kita,’’ kata Bustasar. Yang disambut Kamad. ‘’Siap Bapak,’’ ujar Elza menjawab pertanyaan Kakanwil Kemenag, yang disambut apresiasi dari Bustasar. 

Bustasar mengapresiasi dengan baik kesiapan-kesiapan Madrasah untuk menuju New Normal tersebut. Karena memang kehadirannya dalam rangka menyaksikan secara langsung persiapan PPDB apakah sudah sudah melalui protocol kesehatan.

‘’Kalau belum, kita siapkan sejak sekarang. Kalau sudah alhamdulilah. Tetapi kalau melihat kesiapan di MTsN 1, sudah baik’’ ujar Bustasar.

Namun demikian yang terpenting, kata Bustasar kesiapan fasilitas-fasilitas Madrasah secara sehat, lingkungan madrasah yang sehat serta sarana belajar sesuai dengan protocol kesehatan.

‘’Seperti persiapan sarana kran air mengalir untuk cuci tangan, hand sanitizer  serta fasilitas masker bagi siswa-siswi dan guru serta kesiapan mental para guru untuk memberikan pelajaran anak-anak didik yang baru dalam situasi New Normal covid-19,’’ terang Bustasar.

Selain itu, dia juga akan memastikan untuk kesiapan kepadatan siswa-siswi, karena pihaknya akan mengatur terkait tempat duduk, sarana dan prasarana sesuai dengan protocol kesehatan. Mengingat ini penting, untuk menjaga jarak antara siswa-siswi serta dewan guru.

‘’Begitujuga dengan kehidupan asrama di Pondok Pesantren, juga harus sesuai dengan protocol kesehatan salah satu dengan menjaga jarak, menggunakan masker baik antara pengasuh asrama maupun anak-anak santri yang ada di asrama sendiri. Sehingga kita dapat memutuskan mata rantai penularan covid-19,’’ tegas Bustasar.

Namun demikian, Bustasar belum bisa memastikan kapan jadwal KBM akan mulai diberlakukan. Mengingat pihaknya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Hanya saja, pihaknya meminta kepada seluruh Madrasah agar dapat mempersiapkan secara maksimal, terutama dalam menghadapi suasana persiapan penerimaan siswa-siswi baru, dimasa covid 19.

‘’Makanya dengan kunjungan ke madrasah ini, kita meminta kesiapan madrasah secara maksimal,’’ demikian Bustasar.  

Sementara itu, selain di MTsN 1 Kota Bengkulu, Kakanwil serta rombongan melakukan Sidak ke MTs N 2 Kota Bengkulu, yang disambut oleh Kamad Diniah, M.Pd. Kemudian Bustasar melakukan kunjungan kerja ke MAN 2 Kota Bengkulu yang disambut langsung oleh Kamad Karmila, M.Pd. Sidak sendiri diakhiri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien yang disambut langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren KH. Abdul Mutaqim Ahmad. (Tatang)

 

Bagikan :