MTsN 4 Mukomuko laksanakan Model Pembelajaran Tadabbur Alam

MTsN 4 Mukomuko laksanakan Model  Pembelajaran Tadabbur Alam

Mukomuko (Inmas), Kamis, 31 Januari 2019 siswa siswi MTsN 4 Mukomuko melaksanakan kegiatan berupa Tadabbur Alam, yang mengambil tempat alam Sungai Muar Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap alam dan keindahannya sehingga mampu mencintai alam yang diciptakan Allah untuk kemakmuran manusia dan makhluk lainnya serta memeliharanya dengan baik dan meningkatkan kesetiakawanan sosial terhadap sesama teman.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah shalat zuhur oleh siswa kelas IX  pada jam 12.30 - 1430 WIB dengan siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 27 siswa di bawah bimbingan Iwanto, S.Pd guru bidang studi penjaskes.

Menurut Iwanto, kegiatan ini merupakan bagian dari olahraga rekreasi dan penjelajahan di sungai muar Malin deman dan belajar menyatu dengan alam.

Abdul Roni, SE selaku Waka Kesiswaan MTsN 4 Mukomuko menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan model pembelajaran di luar kelas. Dengan model ini dapat membuat kejenuhan siswa dalam belajar dapat di minimalisir. Apalagi kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional selalu di sibukkan dengan berbagai kegiatan pembelajaran terutama mata pelajaran UN dan UAMBN, hampir setiap hari waktu anak belajar untuk persiapan ujian. Baik di sekolah pada jam belajar dan les  maupun di rumah melalui belajar kelompok.

Seiring dengan itu, Kepala MTsN 4 Mukomuko Mashuri, S.Ag,M.TPd mengungkapkan bahwa di era teknologi dan di gital seperti saat ini, pendidikan siswa perlu ada keseimbangan antara inteligensi intelektual dengan sikap sipiritual religious. Sehingga dengan demikian, siswa mampu mengontrol emosionalitas terhadap iptek dengan tetap menjaga sikap moral dan keagamaan yang utuh, baik terhadap orang tua, guru, teman dan masyarakat sekitar. Salah satu model yang tepat adalah dengan melakukan Tadabbur Alam untuk menggugah pengetahuan siswa terhadap kebesaran Allah SWT. 

Kegiatan ini lebih menekankan pada menggugah kalbu sebagai sumber dari segala ilmu pengetahuan manusia sehingga dengan demikian diharapkan siswa/i mampu memiliki adab yang lebih berharkat dan bermartabat.(Tisna).

Bagikan :