MTsN 2 Mukomuko Fasilitasi Les Untuk Siswa Kelas IX

MTsN 2 Mukomuko Fasilitasi Les Untuk Siswa Kelas IX

Mukomuko (Inmas), MTsN 2 Mukomuko kembali memfasilitasi les tambahan untuk siswa kelas IX. Hal tersebut dipandang perlu sebagai upaya persiapan Ujian Nasional (UN) tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung usai proses Kegiatan Belajar Mengajar itu wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas IX selama kurun waktu dua bulan ke depan.

Adapun mata pelajaran yang harus mendapat perhatian khusus dan melakukan pendalaman materi yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Masing-masing mata pelajaran tersebut memiliki tingkat kesulitan dan cara memahami soal yang berbeda-beda, maka dengan adanya les tambahan guru diharapkan mampu membantu siswa dalam memecahkan masalah berhubungan dengan soal-soal mata pelajaran yang masuk katagori Ujian Nasional (UN).

Selain melakukan pendalaman dan penguasaan materi, para siswa juga perlu diberi bekal pematangan mental. “Ujian tahun ini adalah tantangan baru bagi kalian. Guru-guru tidak memiliki salinan (dokumen) soal-soal tahun lalu karena kita sudah menggunakan UNBK," ungkap Muhtohar, Guru bidang studi Bahasa Indonesia di hadapan para siswa sebelum les dimulai, Selasa (13/11).

Meskipun demikian, siswa harus tetap optimis dan yakin bisa menghadapi ujian dengan baik. Maka dari itu tugas guru tidak hanya sebatas membimbing siswa agar mampu menguasai materi pelajaran, akan tetapi penggemblengan mental siswa juga perlu diperhatikan. 

Kegiatan les di MTsN 2 Mukomuko sudah berlangsung selama empat minggu terakhir. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar siswa benar-benar siap dalam menghadapi Ujian Nasional. Sehingga segala kemungkinan kesalahan baik kesalahan prosedur pengisian maupun kesalahan siswa dalam mengisi jawaban secepatnya bisa diantisipasi.

Terlebih ujian tahun ini dipastikan kembali menggunakan basis komputer. Tidak menutup kemungkinan siswa yang tergolong pandai akan menghadapi kendala jika yang bersangkutan termasuk siswa yang gagap teknologi. Maka dari itu perlu adanya perhatian khusus dan persiapan yang benar-benar matang agar ujian tahun ini mendapat hasil yang memuaskan. (Muhtohar)

Bagikan :