Direktur KSKK: Madrasah Harus Punya Kekhususan

Direktur KSKK: Madrasah Harus Punya Kekhususan
Dr.H.A Umar, MA memberikan pembinaan terkait peningkatan kualitas Madrasah

Bengkulu (Inmas) -Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Ditjen Pendis Kementerian Agama RI, Dr.H.A.Umar,MA meminta kepada seluruh Kepala Madrasah memiliki ciri atau kekhususan.

    "Tugas guru yang paling penting adalah membina karakter siswa, guru harus mampu mengali potensi siswa Madrasah diwilayahnya sehingga bisa diarahkan menjadi ciri khusus sebuah madrasah," katanya saat memberikan pembinaan kualitas pendidikan madrasah di Halaman MAN IC Bengkulu Tengah, Rabu (18/7).

    Dihadapan seluruh Kepala MAN, MTsN dan MIN se-Provinsi Bengkulu, H.Umar menjelaskan kekhususan dalam sebuah madrasah dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat menempuh pendidikan dimadrasah sesuai dengan bidang keahlian dan bakat yang dimiliki siswa.

    Misalnya madrasah berbasis riset, Madrasah robotik, Madrasah tahfiz Quran, madrasah seni islami dan lain-lain. "kalau sudah punya ciri khas, maka siswa tinggal memilih madrasah sesuai dengan bakat dan minatnya," tegasnya.

    Apabila seluruh Madrasah sudah memiliki kekhususan, maka gerakan madrasah hebat bermartabat menurutnya akan sangat mudah diwujudkan, karna siswa yang hebat lahir dari guru yang hebat pula.

    Ia juga yakin bahwa gerakan madrasah hebat bermartabat saat ini sudah mulai terasa dampaknya, terlihat dari berlomba-lombanya masyarakat mensekolahkan anaknya dimadrasah.

    "Hampir 11.000 siswa harus kecewa karena tidak lolos seleksi masuk MAN IC dan MAN Program Keagamaan (PK), bayangkan pendaftar mencapai 13.414 sementara kami hanya mampu menerima 2.515 siswa untuk 22 MAN IC dan 10 MAN PK" terangnya.

    Dengan kondisi itu,  ia mengaku akan terus meningkatkan ketersediaan sarana dan prasana seperti ruang kelas, laboratorium terpadu dan perpustakaan terpadu. disisi lain ia juga berharap Guru dan kepala madrasah untuk meningkatkan mutu, menjaga layanan dan meningkatkan outcome.

    "Mari kita sama-sama berjuang untuk madrasah bermartabat, berjuanglah tiada henti, dan bersabarlah tampa ada batas," ungkapnya.



    Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar MS,M.Pd mengingatkan kepada Kepala Madrasah mengawali tahun ajaran baru dengan meningkatkan kualitas mengajar dan pastikan masyarakat puas dengan mendidik anaknya di madrasah.

    Selain memberikan pembinaan terkait peningkatan kualitas madrasah, kunjungan Direktrur KSKK ke MAN IC Bengkulu Tengah juga untuk meletakkan batu pertama pembangunan Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan Terpadu MAN IC yang bersumber dari dana SBSN Tahun 2018. (jaja)


   

Bagikan :