Hari Pertama UABN MDTA Kabupaten MM Berjalan Lancar

Hari Pertama UABN MDTA Kabupaten MM Berjalan Lancar

Mukomuko (Inmas), Kemarin Senin 09 April 2018 MDTA melaksanakan Ujian Akhir Bersama Nasional (UABN). Dikoordinir langsung oleh Forum Koordinasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Mukomuko. Kegiatan UABN MDTA Tahun 2018 ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Mukomuko dengan jumlah peserta 35 murid MDTA dari 4 MDTA yang ada di wilayah Kabupaten Mukomuko.

MDTA yang mengikuti UABN diantaranya MDTA Hidayatul Mubtadiin,  MDTA Darussalam, MDTA Az-Zikra, dan MDTA Al Falah. Tempat Tes dibagi menjadi dua lokasi yaitu Lokasi Tes I di MDTA Hidayatul Mubtadiin di desa Magra Mukti Kec. Penarik, Lokasi Tes II di MDTA Az-Zikra di Desa Koto Jaya Kec. Kota Mukomuko.

MDTA Darussalam bergabung dengan MDTA Hidayatul Mubtadiin sedangkan MDTA Al Falah bergabung dengan MDTA Az-Zikra. Mata Pelajaran yang diujikan terdiri dari Aqidah dan Akhlaq untuk hari pertama, Fiqih dan Al Qur'an hari kedua, Hadits dan SKI hari ketiga, Bahasa Arab hari keempat.

Disampaikan oleh ketua FKDT Kab. Mukomuko Miani, UABN MDTA Tahun 2018 di Kab. Mukomuko bisa dilaksanakan berkat kerjasama FKDT dengan Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Seksi PAKIS) Kantor Kementerian Agama Kab. Mukomuko.

“Walaupun FKDT tidak memiliki dana namun karena tekat dan semangat untuk memajukan MDTA sehingga UABN MDTA  bisa berjalan dengan baik," ujar Miani.

Kepala Seksi PAKIS Kemenag Mukomuko Ali Muda menyampaikan FKDT Kab. Mukomuko perlu diberi apresiasi karena dengan keterbatasan dana bahkan tidak ada dana namun tetap bersemangat untuk mengadakan UABN MDTA Tahun 2018 ini.

“Mudah-mudahan ini awal yang baik dan awal kebangkitan semangat FKDT dan juga MDTA di wilayah Kab. Mukomuko untuk tetap dan terus semangat memajukan MDTA karena dari MDTA inilah akan tumbuh generasi-generasi islam yang akan berjuang untuk kemajuan Umat, Bangsa dan Negara. Untuk tahun ini Seksi Pakis melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) UABN MDTA di dua lokasi tes dan untuk hari pertama ujian Alhamdulillah berjalan dengan lancar," jelas Ali Muda. (Tri)

Bagikan :