Penghulu KUA Kecamatan Air Periukan Simulasikan Ijab Kabul dan Pembacaan Sighat Ta’lik Talak di Acara Binwin

Seluma (Humas) - Bertempat di Balai Nikah KUA Kecamatan Air Periukan Penghulu Umar Hidayatullah, S.Sos.I memimpin langsung simulasi nikah dan pembacaan Sighat taklik bagi Catin (Calon Pengantin) pada Acara Bimwin (Bimbingan Perkawinan) yang di laksanakan tepat pukul 08.00 s/d selesai bersama 5 pasang Catin (Calon Pengantin ). Rabu (03/07)

Dalam kesempatan ini Umar menjelaskan bahwasanya "ijab adalah suami meminta menikah dari wanita atau wakilnya. Sedangkan kabul adalah penerima istri dengan sighah yang menunjukkan demikian atau sebaliknya. Ijab kabul digunakan dalam pernikahan yaitu ucapan dari orangtua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria.  Ijab kabul merupakan ucapan Sakral kesepakatan antara kedua belah pihak selamanya", Ujarnya.

“ Alhamdulillah KUA Kecamatan Air Periukan tadi telah melaksanakan praktik simulasi ijab kobul di Balai Nikah KUA kita ini. Adapun peserta simulasi nikah ini langsung dari catin Air Periukan dan mengingat urgennya ilmu praktikum kepenghuluan mengenai dunia pernikahan ini maka KUA kita berkomitmen baik agar Catin (Calon Pengantin) ini bisa benar-benar paham dan langsung praktek. Sehingga ketika mereka nanti ijab kabul pada hari Pernikahan sudah bisa melafadkan dengan benar dan lancar.  karena mereka telah ada bekal  ini maka saya jamin dan optimis, mereka insya Allah tidak canggung lagi,  tambah Umar.

Terakhir Kepala KUA kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH. Juga menuturkan, semoga simulasi nikah yang telah diberikan penghulu kepada  ke-empat catin (Calon Pengantin)  ini bisa bermanfaat dan memiliki esensi positif untuk bisa dijadikan bekal sebelum nantinya Pelaksanaan ijab kobul pada waktunya tiba. Tutup Harun.(Naf/Lili)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA