Bengkulu Kirim 20 Peserta Utsawa Dharma Gita XI

Bengkulu Kirim 20 Peserta Utsawa Dharma Gita XI

Bengkulu (Hukmas) - Kamis (2-6-2011) Pura Santhi Muara Dipa gelar latihan bersama dalam rangka Utsawa Dharma Gita kepada 20 orang peserta yang bakal mengikuti event 3 tahunan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nsional ke XI di Denpasar-Bali. Latihan ini untuk mengevaluasi dan meningkatkan hasil latihan yang telah dilaksanakan oleh para peserta di tempat latihan mereka masing-masing.

Pada sesi latihan bersama ini 5 orang peserta tidak bisa hadir dikarenakan tempat tinggal yang jauh dan ada yang sedang mengikuti test penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi. Para peserta yang dikirim ini merupakan hasil seleksi lomba tingkat Provinsi Bengkulu, mereka merupakan juara 1 tingkat provinsi. Peserta Utsawa Dharma Gita ini didominasi dari Kabupaten Seluma yang merupakan juara umum lomba tingkat Provinsi. Jenis Lomba yang dipertandingkan ada 7 yaitu Utsawa Sloka, Utsawa Palawakya, Utsawa Menghafal Sloka, Utsawa Dharma Widya (cerdas cermat), Utsawa Dharma Wecana, Kidung Keagamaan daerah dan yang terakhir Sarasehan.

Hadir pada latihan bersama ini Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Taufiqurrahman, SH, MAP, Ketua PHDI Provinsi Bengkulu I Gde Karsana dan Pembimas Hindu Drs. I Made Nasib Mardika, M.Pd.

Dalam sambutannya Kakanwil berharap agar para peserta lomba dapat meningkatkan latihan lebih intensif dan memperhatikan kriteria penilaian sesuai dengan kompetensi yang dipertandingkan. Sehingga dapat mengangkat nama Bengkulu dengan prestasi yang baik.

Kakanwil juga berharap dalam perlombaan di Denpasar nanti agar pada saat perlombaan nanti para peserta dapat saling bertukar informasi dengan para peserta dari provinsi lain. Kepada Lembaga yang telah memberikan bantuan baik itu berupa materil atau moril pada pelaksanaan lomba ini Kakanwil menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasinya itu.

Pembimas Hindu dan Ketua PHDI Provinsi Bengkulu memberikan saran agar peserta lomba tidak tegang dan merasa ada beban saat berlatih dan berlomba, lakukan saja dengan rileks dan wajar saja, atur pernapasan dan jaga agar mental selalu kuat terutama saat bertanding.

Provinsi Bengkulu baru 3 kali mengikuti lomba Dharma Gita ini, mudah-mudahan bisa lebih baik dari tahun ke tahun. Bengkulu mengikuti lomba ini pertama kali pada tahun 2005 di Lampung, tahun 2008 di Kendari dan Tahun 2011 ini di Denpasar-Bali.

Bagikan :