Kurban 17 Ekor Sapi, Kanwil Sebar di Sejumlah Masjid dan Ponpes

Kurban 17 Ekor Sapi, Kanwil Sebar di Sejumlah Masjid dan Ponpes

BENGKULU (HUMAS) – Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu melakukan penyembelihan sebanyak 17 ekor sapi pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1442H/2021 M. Dari 17 ekor sapi itu, Kanwil menyebarkan 6 hewan kurban di sejumlah Masjid dan Pondok Pesantren di Kota Bengkulu.  

Khusus di jajaran Kanwil, pemotongan hewan kurban digelar di Asrama Haji. Rabu, (21/7). Pembukaan dan penyembelihan secara simbolis dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenag Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI, didampingi Kabag TU Drs. H. Hamdani.,M.Pd, Ketua DWP Hj. Megaharyanti Zahdi dan disaksikan panitia kurban.  

‘’Masyarakat kini sedang dilanda keprihatinan, karena dilanda pandemic. Untuk itu di momentum Idul Adha hari ini, kami memberikan sapi yang dikelola langsung oleh masyarakat yang membutuhkan,’’ kata Kakanwil.

‘’Kebijakan agar tepat sasaran, bermanfaat, dan memastikan kebangkitan ekonomi masyarakat,’’ ungkap Zahdi.

Zahdi menekankan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tetap mematuhi protokol kesehatan.  Hal ini bertujuan untuk mencegah potensi penularan Covid-19, yang saat ini masih menjadi pandemi global. 

‘’Di lokasi penyembelihan hanya dihadiri panitia dan petugas pemotong,’’ ujar Zahdi.

Ini sejalan dengan SE Menag RI nomor 17/2021 mengatur petunjuk teknis pelaksanaan kurban. Misalnya, dilakukan sesuai syariat Islam dalam rentang waktu yang tersedia (11 - 13 Zulhijjah) agar tidak terjadi kerumunan.

‘’Pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia atau di luar RPH-R dengan menerapkan protokol kesehatan, baik petugas maupun pihak berkurban, serta memastikan kebersihan alat,’’ tegas Kakanwil.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil mengapresiasi kepada jajarannya yang telah bangkit dari pandemi COVID-19 dengan melakukan kurban. Karena dengan berkurban dapat dijadikan contoh semangat kebangkitan. 

 ‘’Tetapi harus dilandasi dengan niat ikhlas. Yakinlah, Allah SWT akan melimpahkan rizki kepada kita semua yang telah berkurban. Dan mari kita berdoa kepada Allah SWT, agar virus corona segera diangkat dari penjuru dunia,’’ demikian Zahdi.

 

Penulis : Tatang Wss

 

Bagikan :