Selama Bulan Ramadan, Khotmil Quran Kemenag BS diadakan Satu Minggu Sekali

Selama Bulan Ramadan, Khotmil Quran Kemenag BS diadakan Satu Minggu Sekali

Bengkulu Selatan (Humas) -  Selama bulan Ramadan Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan mengadakan acara khotmil Quran setiap seminggu sekali. Acara yang biasanya diadakan setiap dua minggu sekali ini menjadi acara satu mingguan yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pegawai terhadap Al-Qur’an. Bertempat di Masjid Kantor Kemenag Bengkulu Selatan acara Khotmil Quran ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan Dr. H. Junni Muslimin, MA dan dihadiri oleh seluruh Kasi, ASN, dan honorer Kemenag BS.

Penyelenggaran kali ini  sederhana seperti biasanya. Akan tetapi, kekhitmadan dan kekhusukan pegawai lebih terasa meningkat. hal ini dikarenakan karena penyelenggaran kali ini bertepatan dengan bulan puasa Ramadan. Bulan yang penuh limpahan pahala dan rahmat bagi seluruh umat.  

Acara dimulai dengan membaca Al-Quran secara bergantian dari pegawai yang satu dengan yang lain, sembari pegawai yang lain menyimak bacaan Al-Quran tersebut.  Terasa sekali keseriusan pegawai menyimak dan mempelajari Al-Quran. Betapa tidak, selama bulan puasa Ramadan seluruh pahala Allah lipat gandakan, baik yang membaca dan yang mendengarkan bacaan Al-Quran tersebut.

Setelah membaca Al-Quran, acara dilanjutkan dengan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) yang kali ini disampaikan oleh Drs. Midi Saherman, M.HI selaku Kasi Bimas Islam.  Dalam Kultumnya Midi menekan tentang pentingnya mengambil hikmah selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan, merubah sikap, dan menjadi umat yang selalu merindukan syurga.

“Selama bulan Ramadan kita diajarkan untuk menahan hawa nafsu, menjaga kata-kata, dan sikap. Selama sebulan penuh kita akan dilatih menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan harapan, setelah selesai bulan Ramadan ini kita mampu beristiqomah untuk mempertahankan hal-hal baik yang telah kita lakukan selama bulan puasa. Semoga kita yang ada di sini merupakan hamba-hamba Allah yang selalu beristiqomah dan merindukan syurga.” Ujar Midi

Pada akhir acara, Ka. Kan Kemenag BS mengucapkan ucapan terimakasih kepada seluruh pegawai yang pada hari ini telah mengikuti kegiatan Khotmil Quran ini. Junni juga berharap agar seluruh pegawai dapat istiqomah untuk menjalankan kegiatan ini.  (Eka)

Bagikan :