Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian Madrasah Bengkulu Selatan Di Buka.

Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian Madrasah Bengkulu Selatan Di Buka.

Bengkulu Selatan (Humas)- Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan mengadakan Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian Madrasah yang diikuti  oleh seluruh guru madrasah yang ada di lingkungan Kemenag BS , pengawas, dan perwakilan dari Kantor Kemenag BS pada Senin (15/3) – Selasa (16/3).  Pada hari pertama, pembekalan diadakan melalui zoom meeting sehingga peserta mampu mengikuti kegiatan secara virtual. Sedangkan untuk hari ke-dua kegiatan diadakan di Aula  PLHUT Kemenag BS dan MIN 2 Bengkulu Selatan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Ka.Kan Kemenag BS Dr.H.Junni Muslimin,M.A secara langsung mengawasi kegiatan ini. Junni berharap setelah pembekalan ini dilaksanakan guru dapat memberikan performa terbaik dalam penyusunan dan pembuatan soal ujian pada sekolahnya masing-masing.

“Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru untuk membuat soal berdasarkan kisi-kisi soal ujian yang sesuai dengan karakteristik soal HOTS”,ujarnya

H.Ahmad Syukri,S.Ag.M.Pd selaku Kasi Pendidikan Madrasah menyampaikan bahwa penyusunan kisi-kisi soal HOTS sesuai dengan rujukan Surat Keputusan  Dirjen  No. 781 Tahun 2021 tentang juklis penyusunan soal HOTS ( High Order Thinking Skills) .  Soal HOTS sendiri merupakan Soal dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi, melalui soal ini siswa diajak untuk berpikir dengan baik dan benar ketika menjawab soal.

“Guru-guru pembuat soal  HOTS kita berikan pembekalan, yang selanjutnya mereka ini nanti akan menjadi calon-calon instruktur pada madrasahnya masing-masing. Soal HOTS juga tidak mesti soal-soal yang sulit, tapi harus tetap mengacu pada karakter yag sesuai deng SK Dirjen”, jelas Beliau saat memaparkan materi tentang Kebijakan Kemenag dan Sistem Penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM) Tahun 2021. (Eka)

Bagikan :