Kepala MTsN 1 Bengkulu Tengah : Perangkat Pembelajaran Harus Dilengkapi

Kepala MTsN 1 Bengkulu Tengah : Perangkat Pembelajaran Harus Dilengkapi

Bengkulu Tengah (Inmas) – “ Perangkat pembelajaran harus dilengkapi “, hal tersebut ditegaskan langsung oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkulu Tengah Ahmad Ahyan, M.Pd saat dikunjungi diruang kerjanya.Sabtu,(14/11)

Menurut dirinya, perangkat pembelajaran merupakan salah satu kewajiban guru yang harus dilengkapi. Terdapat setidaknya 25 macam perangkat guru yang harus disiapkan guru sebelum, ketika, dan setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Perangkat tersebut diantaranya program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar penilaian, analisis butir soal, dan program perbaikan dan pengayaan. Perangkat pembelajaran tersebut dibuat guru di setiap semester dan harus disetujui oleh kepala madrasah sebagai salah satu kewajiban guru.

Kelengkapan perencanaan perangkat pembelajaran merupakan administrasi utama yang harus dimiliki seorang pengajar. Karena proses pembelajaran tanpa perencanaan, maka hasilnya tidak akan maksimal atau terarah. Untuk itu, semua guru MTsN 1 Bengkulu Tengah harus melengkapi perangkat pembelajaran.

“ Tugas seorang guru tidaklah mudah dan seorang guru juga harus mempunyai keahlian tertentu yang tidak terlepas dari administrasi yang lengkap meliputi SK mengajar, kalender pendidikan, minggu efektif, silabus, program tahunan, program semester, kriteria KKM, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agenda guru, jurnal mengajar, serta analisis pembelajaran ”,terangnya. (yoga).

Bagikan :