Kakanwil Kemenag Bengkulu Dorong Darul Fallah Jadi Pontren Modern

Kakanwil Kemenag Bengkulu Dorong Darul Fallah Jadi Pontren Modern

BENGKULU UTARA (HUMAS) – Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd siap mendorong penuh mengapai cita-cita masyarakat Desa Karya Bhakti Kecamatan Merigi Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara menjadikan Darul Falah sebagai Pondok Pesantren Modern. Hal ini diungkapkan Bustasar ketika menghadiri peringatan Tahun Baru Islam 1442 H dan Haflah Khotmil Qur’an di Pondok Pesantren Darul Falah. Kamis, (20/8).

‘’Yang penting siapkan tanahnya, dan tanah itu harus menjadi milik Pontren Darul Falah. Jika ada lahannya, tolong tunjukkan lokasi pembangunan masa depan Pontren Darul Fallah ini. Kita akan bantu fisiknya. Apakah untuk MDA, apakah untuk MI, MTs dan apakah untuk aliyah,’’ kata Bustasar.

Jika sudah ada lahannya, Bustasar meminta pihak yayasan agar segera berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara. Sehingga program ini segera ditindaklanjuti. Ini sebagai bukti kongkrit dukungan dan dorongan Kemenag menjadikan wadah pendidikan ini, sebagai program prioritas. ‘’Nanti kami akan kirim tim perencanaan untuk turun menindaklanjutinya,’’ ujar Bustasar.

Lebih lanjut Bustasar mengungkapkan, program ini merupakan kewajiban pihaknya untuk mewujudkan cita-cita masyarakat Kecamatan Merigi Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara ini. Apalagi sebelum diamanahkan menjadi Kakanwil Kemenag, dirinya merupakan Kakan Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara.

‘’Ini juga sesuai dengan harapan dan cita-cita Bapak Bupati Bengkulu Utara. Artinya, ini merupakan kewajiban saya yang pernah mengabdi di Kabupaten Bengkulu Utara ini untuk meningkatkan sarana prasarana dalam menunjang pendidikan di pondok ini. Sehingga proses KBM menjadi nyaman,’’ sambungnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Bengkulu Ir. H. Mian yang juga siap berkomitmen mendukung program pihak yayasan dan masyarakat untuk menjadi Pontren ini sebagai Pondok yang modern. Karena program ini sejalan dengan misi dan visi Pemkab Bengkulu yakni menjadikan masyarakat yang relegius dan menciptakan SDM yang berkualitas.

‘’Saya paham betul, bahwa perjuangan tertati-tati yang dilaksanakan oleh pimpinan untuk membangun Pondok Pesantren ini. Dan alhamdulilah cita-cita pimpinan dan masyarakat ini tercapai, sehingga berdirilah Pontren ini. Karenanya kami siap mendukung untuk menjadikan pondok yang modern yang berkualitas,’’ imbuh Mian.

Jika program ini terwujud, dia optimis bahwa Pontren ini akan membantu masyarakat dalam menjadi wadah dan wahana untuk menciptakan SDM yang berkualitas, serta menjaga keseimbangan antara Allah SWT dan sesama insan manusia.  ‘’Serta mendidik ahlak melalui pembinaan-pembinaan dan pendidikan yang ada di Pondok Pesantren ini,’’ demikian Mian.

Selain Bupati, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, hadir juga Kabid Pakis Kanwil Kemenag H. Hamdani, M.Pd, Kakan Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara H. Heriansyah, S.Ag, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan. Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenag juga memberikan bantuan untuk sarana dan prasarana MDA Pondok Pesantren Darul Falah sebesar Rp 5 juta rupiah.  

Sementara itu Pimpinan Pontren Darul Falah H. Agusalim Nur mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dorongan Kakanwil Kemenag Bengkulu serta Pemda Bengkulu Utara. Karena dia mengakui, sarana dan prasarana di pondoknya sangat terbatas, namun hal ini tidak mematahkan semangat para santri dalam menempuh pendidikannya.

‘’Kami berdiri melalui dana swadaya masyarakat. Alhamdulilah berjalan, masyarakat sangat kompak, santri pun juga semangat. Karenanya kami sangat mengucapkan terimakasih atas perhatian Bapak Kakanwil Kemenag dan Bapak Bupati Bengkulu Utara. Semoga Allah SWT membalasnya,’’ demikian Agus.  (Tatang)

Bagikan :