15 ASN Kanwil Kemenag Bengkulu Bersaing Ikut Seleksi Petugas Haji

15 ASN Kanwil Kemenag Bengkulu Bersaing Ikut Seleksi Petugas Haji

BENGKULU (INMAS) – Jajaran Kementerian Agama Provinsi Bengkulu secara serentak menggelar rekrutmen/ seleksi petugas haji tahun 1441 H/2020 M. Untuk dijajaran Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu diikuti sebanyak 15 orang ASN. Mereka bersaing memperebutkan jatah kursi sebagai pelayan jemaah itu. Seleksi sendiri di gelar di Aula Kanwil Kemenag yang dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd. Selasa, (4/1/2020).

Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd mengatakan, siapa pun yang lulus seleksi nanti adalah mereka orang-orang pilihan, karenanya dia meminta kepada calon petugas haji untuk bersyukur kepada Allah SWT. Orang-orang pilihan itu merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan untuk negara dan masyarakat selaku Jemaah yang nantinya harus dilayani dengan baik.  ‘’Bersyukurlah Kepada Allah SWT, dan semoga senantiasa Allah SWT memberikan kita kesehatan, Allah bukakan hati kita dalam menjalankan tugas, dan semoga kita semua amanah,’’ kata Bustasar.

Diakhir amanahnya, mantan Kakan Kemenag Bengkulu Utara itu mengharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti seleksi ini dengan baik dan dengan teliti. Karena seleksi ini membutuhkan perjuangan yang maksimal, artinya untuk lulus sebagai calon petugas, peserta diharapkan harus memahami rukun dan manasik haji.

‘’Yang terpenting peserta mempelajari mengenai terkait rukun dan manasik haji. Petugas harus memahami, apa yang harus dilaksanakan baik di Tanah air maupun Tanah suci. Berangkat dan pulang itu semua harus di pahami. Karena kita adalah petugas yang melayani jemaah,’’ ujar Bustasar.

Sementara itu, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramlan, M.Hi dan Ketua Panitia seleksi petugas haji tahun 1441 H/2020 M Drs. H. Zupiruddin, untuk peserta seleksi petugas haji se-Provinsi Bengkulu diikuti sebanyak 152 orang. Khusus untuk di jajaran Kanwil Kemenag, diikuti sebanyak 15 peserta tes kompetensi Rekrutmen Petugas Haji, yang terdiri dari : untuk ketua kloter 2 orang, Pembimbing Ibadah Kloter 2 orang dan PPIH Arab Saudi sebanyak 11 orang.

‘’Secara administrasi yang telah mendaftarkan mengikuti seleksi se-Provinsi Bengkulu ada 152 orang, hari ini (Selasa,red) kita menggelar seleksi secara serentak, yang dilaksanakan di masing-masing Kemenag Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu,’’ kata Ramlan.

Setelah dinyatakan lulus dan di laksanakan di masing-masing Satker, seleksi petugas haji akan dilanjutkan pada Tanggal 13 Februari 2020 mendatang. Mereka yang dinyatakan lulus, akan memperebutkan kuota Provinsi Bengkulu sebanyak 14 petugas haji yang terdiri dari 4 petugas sebagai Ketua Kloter, dan 4 orang lagi sebagai Pembimbing Ibadah Kloter dan 7 orang petugas sebagai PPIH Arab Saudi.  

‘’Dalam pelaksanaan seleksi, selain seleksi CAT, juga akan dilaksanakan tes wawancara dimana seorang petugas haji dituntut untuk mengetahui mengenai pelayanan haji yang baik dan professional,’’ demikian Ramlan.(Tatang)

 

Bagikan :