Keluarga Besar MTsN 6 MM Peringati Hari Guru Nasional Tahun 2019

Keluarga Besar MTsN 6 MM Peringati Hari Guru Nasional Tahun 2019

Mukomuko (Inmas)-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) ke-74 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019, Keluarga besar Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko yang terdiri dari guru, pegawai tata usaha dan seluruh siswa melaksanakan upacara pada Senin (25/11).

            Upacara yang dilaksanakan di lapangan MTsN 6 Mukomuko bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala MTsN 6, Triyono, S.Pd. Petugas upacara yang lainnya, pemimpin upacara, pembaca undang-undang 1945, pembaca doa, dan lainya seluruh dilakukan oleh guru.

            Dalam amantnya, Triyono menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim yang menggambarkan begitu beratnya tugas guru. Guru diberi tugas untuk membentuk masa depan bangsa, namun lebih sering diberi aturan daibanding dengan pertolongan.

            “Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk engerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas,” ungkap Triyono membacakan pidato Mendikbud.

            Lebih lanjut dalam pidatonya Mendikbud mengajak kepada para guru untuk membuat perubahan dalam dunia pendidikan yang lebih baik. Menurutnya perubahan itu jangan menunggu aba-aba dan perintah.

            “besok di manapun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda, ajaklah kelas berdiskusi bukan hanya mendengar, berikan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan,” ajak Triyono menirukan pidato Mendikbud

            Dalam akhir amant, Triyono mengajak kepada seluruh dewan guru, pegawai tata usaha dan para siswa untuk menghayati dan mengamalkan ajakan dari Mendikbud. Karena menurutnya kemajuan pendidikan harus dimulai dari diri kita masing-masing. Dimulai dari hal yang kecil. (Mustopa)

           

Bagikan :