MTsN 1 Kota Bengkulu Raih Juara Kompetisi Robotik Madrasah

MTsN 1 Kota Bengkulu Raih Juara Kompetisi Robotik Madrasah

Kota Bengkulu (Inmas) – Prestasi terus ditorehkan Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu. Kali ini berhasil meraih ajang Kompetisi Robotik Madrasah Nasional 2019 di Grand City Mall, Surabaya (16/17/2019).

Kegiatan yang mengambil tema Go Green Safe Energy Menuju Era Industri 4.0 diikuti oleh Andika Putra Danias dari Kelas IX B dan Januardy Pandu Triguna dari Kelas IX C, dibawah bimbingan pelatih Abdurrahman Fikri,ST. Mereka mengikuti lomba Kategori Manfaat dan Kegunaan.

Seperti yang dikemukakan Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu, Eza Avlenda, Peserta dari MTsN 1 Kota Bengkulu berhasil meraih Juara II Madrasah Tsanawiyah Applicable and Useful Robot. Prestasi ini berawal dari ide melihat air sabun bekàs cuci tangan terbuang begitu saja diselokan, dan bila terkena tanah kemudian sampai ke sungai akan mencemari lingkungan dan bila terkena tanaman bisa mati.

‘’Lalu air keran wudhu sering lupa dimatikan. Dengan pengguna sekitar 900 siswa bisa dibayangkan berapa banyak kubik air terbuang tiap harinya. Oleh sebab itu diciptakan alat yg dapat mendaur ulang sisa air sabun dg metode penyaringan khusus, ditambah wastafel dan tempat wudhu otomatis. Sehingga dapat menghemat pemakaian air. Air hasil penyaringan dapat digunakan untuk menyiram tanaman secara otomatis,’’ demikian Eza. (Jefri/Popi)

Bagikan :