PBK MIN 1 Rejang Lebong Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah

PBK MIN 1 Rejang Lebong Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah

 //PBK MIN 1 Rejang Lebong Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah

Rejang Lebong (Inmas) – Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  yang meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai pengembangan dari Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti pada Anak mendapat apresiasi dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Rejang Lebong.

Apresiasi tersebut dengan menerapkan Pojok Baca Kelas (PBK), program ini ternyata berhasil mengalihkan perhatian peserta didik, ini terlihat antusias mereka menerapkan program yang juga bertujuan meningkatkan SDM anak-anak tersebut.  

Guru kelas 1 Roslaimurti, S.Pd mengatakan, program PBK ini, sangat membantu anak-anak dalam belajar, terkhusus anak kelas rendah. Suasana yang nyaman membuat anak merasa tertarik untuk terus giat dalam belajar membaca bahkan mengenal huruf melalui sumber buku yang telah disediakan.

Disisi lain Ibu Ros mengatakan, program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai pengembangan dari Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti pada Anak, diharapkan terus berkesinambungan. Karena program ini juga akan mewujudkan SDM yang unggul bagi siswa-siswi. ‘’Ini bagus. Mudah-mudahan SDM mereka akan baik di masa yang akan dating,’’ kata Ibu Ros begitu dia akrab disapa.

Sementara itu, Waka Kurikulum MIN 1 RL Hilda Kurniati, S.Pd,SD juga menyambut baik program ini, karena dengan adanya PBK, menambah semangat anak untuk betah dikelas, dan dapat terus memancing minat siswa untuk rajin membaca dan menambah wawasan, serta menambah kosakata anak.

‘’Selain itu, dengan adanya PBK bisa terus menambah kreatifitas guru dan siswa dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan aktif,’’ demikian Hilda. (Windi Setia)

 

Bagikan :