MIN 2 Kota Bengkulu maknai pelaksanaan kurban tak sebatas memotong hewan

MIN 2 Kota Bengkulu maknai pelaksanaan kurban tak sebatas memotong hewan

Kota Bengkulu (inmas) 15/08-Menyambut Hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) 2  Kota Bengkulu telah melaksanakan kegiatan acara penyembelihan hewan kurban, yang dilaksanakan di halaman depan MIN 2 kota Bengkulu. dengan jumlah hewan kurban yang dipotong sebanyak dua ekor sapi.

Kepala MIN 2 Kota Bengkulu, Zinatul Hayati,S.Ag., melalui Waka Mirzani, M.Pd.I menyampaikan bahwa “Pada Idul Adha 1440 Hijriyah tahun ini, MIN 2 Kota Bengkulu berkurban sebanyak 2 ekor sapi yang  dagingnya dibagikan kepada siswa,  dewan guru, staf serta Honorer  dengan total daging yang dibagikan sebanyak 250 kantong” ujar Mirzani.

Dalam pemotongan hewan kurban ini dilakukan secara swadana dan tidak menggunakan tenaga penyembelih dari luar, Kepala Madrasah menggunakan tenaga kerja dari aparatur sendiri yaitu Mirzani,M.Pd.I dan Akhirudin,M.Pd yang memang memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang bagaimana tata cara penyembelihan hewan qurban.

Adapun guru dan staf yang berqurban yakni, 1. Zinatul hayati, 2. Tarmizi, 3.putu Karolina, 4. Yuni artina,5.harajuita, 6.akhirudin, 7. Hartini, 8. Azimah, 9. Heriyana, 10. Ili mirza, 11. Mursyidah, 12. Mat aripin, 13. Mirzani, 14. Ilni Diarti.baik atas nama sendiri maupun untuk keluarga.

“Qurban ini bukan hanya dilakukan pada tahun ini saja namun sudah menjadi Tradisi dari 5 tahun yang lalu dan alhamdulillah setiap tahunnya MIN 2 kota Bengkulu mampu berkurban 2 ekor sapi. Mudah-mudahan ditahun tahun berikutnya ada penambahan hewan qurban.” Ujar Zinatul.

Disisi lain Zinatul Hayati,S.Ag,.menjelaskan ada tiga makna yang bisa dipetik dalam peristiwa ibadah qurban ini.

  1. Makna kurban yang pertama adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.Sebagai manusia kita di ajarkan untuk menyerahkan segalanya kepada sang pencipta segala nya allah swt, hal ini telah di contohkan oleh nabi ibrahim yang telah menyerahkan serta mengiklhaskan putranya sendiri nabi ismail a.s yang sangat di cintai nabi ibrahim tetapi karena itu adalah perintah allah swt nabi ibrahim iklhas untuk mengkurbankan nya hal ini tentu sebagai wujud penyerahan diri atas segalanya kepada allah swt.
  1. Kedua adalah makna dari ibadah berkurban adalah berbagi kepada mukmin lain yang kurang mampu, ibadah qurban memang ibadah yang memiliki nilai sosial yang tinggi. dengan adanya ibadah qurban ini kaum muslim yang kurang mampu juga bisa memakan daging potongan hewan qurban tersebut.
  2. Makna kurban dalam islam yang terakhir adalah berkurban mengajarkan tentang keiklhasan, Ya keiklhasan untuk mengorbankan harta yang di milikinya untuk di belikan hewan kurban dan di potong agar dapat dibagikan kepada sesama hal ini bertujuan agar kita lepas dari sifat tamak, rakus dan cinta duniawi.

 “Semoga dengan diadakannya kegiatan penyembelihan hewan kurban seperti ini agar bisa meningkatkan tali silaturahmi dan menjadi ibadah penolong sebagai kendaraan kita di akhirat nanti.” Pungkas Zinatul. (Ridwan/Popi)

 

Bagikan :