KUA Ipuh : Faktor ekonomi pengaruhi masyarakat berqurban

KUA Ipuh : Faktor ekonomi pengaruhi masyarakat berqurban

Mukomuko (Inmas), Kepala Kua kecamatan Ipuh Afandi Rahman, S.sos mengungkapkan bahwa hewan qurban di Kecamatan Ipuh tahun ini berjumlah 94 Ekor. Hal ini disampaikan pada saat memantau pelaksanaan penyembelihan Hewan qurban di Kecamatan Ipuh. Minggu 11 Agustus 2019.

“Ini data rill yang  kami peroleh bertambah 10 ekor dari data yang kami sampaikan ke media sebelumnya” jelasnya.

Berdasarkan hasil cros cek lapangan ternyata ada 2 dua desa yang tidak melakukan penyembelihan dikarenakan tidak ada warganya yang berkurban, desa itu adalah Mundam Marap dan Retak Ilir sesuai dengan keterangan dari masing-masing kepala Desa.

Menurut Kepala Desa Mundam Marap Sutriyanto, tidak adanya masyarakat yang berkurban karena keadaan ekonomi saat ini sangat sulit, bukan karena lemahnya kesadaran masyarakat, karena tahun lalu.masyarakatnya banyak yang berkurban.

Sementara Kepala KUA Ipuh mengatakan bahwa kedepan perlu pembinaan dan penyuluhan bagi panitia kurban tentang teknis pelaksanaan penyembelihan hewan terutama tempat penyembelihan  hewan yang khusus dan memenuhi kriteria dan sayarat kesehatan. “Kedepan akan kita lakukan pertemuan panitia qurban masing-masing desa” tambahnya. (Tisna).

Bagikan :