Peringatan Hari Santri 2018, Kabag TU : Jadikan Santri Sebagai Pionir Perdamaian

Peringatan Hari Santri 2018, Kabag TU : Jadikan Santri Sebagai Pionir Perdamaian

Bengkulu (Inmas), Saat menjadi pembina pada upacara peringatan Hari Santri tahun 2018 mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kepala Bagian Tata Usaha Yasaroh Maksum mengatakan kepada peserta upacara untuk menjadikan santri sebagai pionir perdamaian.

"Dengan tema Bersama Santri Damailah Negeri, mari kita bersama-sama kalahkan hoax, ujaran kebencian dan terorisme, jadikan hari santri kali ini sebagai momentum menegaskan peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam paling tidak di daerah kita masing-masing," harap Yasaroh, Senin (22/10).

Yasaroh kemudian mengatakan sejak dikeluarkannya Keppres nomor 22 tahun 2015 tentang peringatan Hari Santri Nasional semakin mempererat relasi harmoni antara pemerintah dengan umat Islam, khususnya bagi kalangan santri.

"Kita harus ingat sejarah mencatat saat KH. Hasyim ashari mengeluarkan fatwa jihad pada 17 september 1945 dalam mempertahankan kemerdekaan, tanpa fatwa ini tidak akan ada peristiwa 10 november 1945 yang sekarang menjadi Hari Pahlawan juga tidak akan ada resolusi jihad NU pada tanggal 22 oktber 1945 yg sekarang diperingati sebagai hari Santri Nasional, jadi berbanggalah menjadi seorang santri karena memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Negara ini," ujar yasaroh.

peserta upacara peringatan hari santri tahun 2018

Upacara peringatan Hari Santri tahun 2018 kemudian dilanjutkan dengan orasi Hari Santri oleh Anwar Husein yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah Muktadin Kota Bengkulu. Dalam orasinya Anwar mengajak para santri di Indonesia agar berpegang teguh pada aqidah ahlussunnah wal jamaah, mempertahankan NKRI dan aktif dalam pembangunan nasional.

Untuk diketahui peringatan hari santri 2018 di Kota Bengkulu di pusatkan di Ponpes Pancasila Kota Bengkulu dan diikuti oleh Pondok Pesantren yg ada di Kota Bengkulu, tokoh agama dan Jajaran Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu serta Kantor Kemenag Kota Bengkulu. Pada akhir acara dilaksanakan pelepasan peserta untuk mengikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ke lima di Provinsi Jambi yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Tingkat Nasional tahun 2018. (haf)

Bagikan :