UNBK MTsN 2 Lebong Berjalan Lancar

UNBK MTsN 2 Lebong Berjalan Lancar

Lebong (Inmas), UNBK yang diikuti oleh siswa-siswi MTsN 2 Lebong berjalan lancar. Pada tahun ini jumlah peserta yang mengikuti ujian UNBK sebanyak 19 Peserta terdiri dari 7 putra dan 12 putri.

“Selama empat hari mengikuti ujian Alhamdulilah tidak ada kendala, hanya saja ujian sedikit terlambat dilaksanakan karena ada gangguan dari server pusat, namun hal tersebut tidak terlalu jadi masalah yang jelas  semua siswa dapat mengikuti ujian dengan baik,” ungkap Kepala MTsN 2 Lebong Evi Erlina.

UNBK yang diikuti oleh siswa MTsN 2 Lebong  bertempat di MAN 1 Lebong yang bertempat di Desa Talang Leak, Kecamatan Bingin Kuning  hal tersebut dikarenakan di MTsN 2 Lebong belum tersedia server dan komputer.

UNBK merupakan ujian yang menggunakan komputer hal tersebut merupakan pengalaman baru bagi para siswa MTsN 2 Lebong, sebab selama ini ujian masih dilaksanakan dengan manual. Dengan adanya ujian berbasis komputer maka untuk tahun depan MTsN 2 Lebong akan berusaha menyediakan beberapa unit komputer dengan tujuan para siswa tidak lagi melaksanakan ujian di tempat lain, mengingat jarak tempuh MTsN 2 Lebong dengan MAN 1 Lebong  lumayan jauh.

Dalam melaksanakan ujian UNBK yang diperkenankan masuk ruangan hanyalah proctor, teknisi dan pengawas ruangan 2 orang, hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu hal yang tidak dibenarkan misalnya mengambil foto soal ujian di komputer.

Untuk MTsN 2 Lebong diawasi  oleh 2 orang, antara lain Yeni Elpiantidari MTs Islamiyah dan Yuniarni. UNBK dilaksanakan dengan dua sesi, sesi 1 terdiri dari 10 peserta dan sesi 2 terdiri dari 9 peserta hal tersebut dikarenakan jumlah komputer yang masih terbatas.

Dalam mengikuti UNBK dapat dipastikan para siswa tidak mengalami kesusahan hal tersebut dikarenakan para siswa telah mengikuti ujian simulasi sebanyak dua kali sebelum menghadapi UNBK. Selama UNBK berlangsung para pengawas dari Diknas dan Kemeang selalu hadir untuk memantau kegiatan UNBK. Pada hari terakhir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebong Hamdani secara langsung memantau sekaligus melihat kondisi selama UNBK berlangsung.

Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Hari Senin mata Pelajaran yang diujiankan adalah Mapel Bahasa Indonesia. Hari Selasa mata pelajaran yang diujiankan adalah mapel Matematika. Hari Rabu mapel yang diujiankan adalah Bahasa Inggis dan hari Kamis mapel  yang diujiankan adalah  IPA.

Setelah selesai mengikuti UNBK, maka selesai juga seluruh tahapan ujian yang diikuti oleh siswa kelas IX MTsN 2 Lebong. Semua para siswa tentunya berharap agar mendapat nilai yang memuaskan dan dapat lulus 100 Persen. (Fahrizal)

Bagikan :