KUA Kota Padang RL Ajak Masyarakat Jaga dan Lestarikan Kearifan Lokal

KUA Kota Padang RL Ajak Masyarakat Jaga dan Lestarikan Kearifan Lokal

Rejang Lebong (Inmas) -- Kenduri Agung (Sedekah Bumi) yang dilaksanakan dikantor lurah Air Bang yang dihadiri oleh masyarakat Kelurahan Air Bang Curup Tengah, pada sabtu malam (14/10)  lalu berjalan dengan meriah. Acara yang diselenggarakan oleh pemuka agama, tokoh adat setempat bersama dengan kepala KUA Kota Padang ini, tidak lain sebagai upaya pelestarian budaya dalam kontek keagamaan.

Bulkis, S, Th, I, MHI kepala KUA Kota Padang dalam pembukaan acara Kenduri Agung mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan 2 M, demi tercapainya tujuan dalam pelestarian budaya yang selaras beriringan dalam segi keagamaan.

Dua M tersebut meliputi, “Mempertahankan  Agama  dan Melestarikan budaya”. “Sering kita lihat di Rejang Lebong Sendiri masyarakatnya masih kental dengan kebudayaan turun temurun, itu bagus tidak apa-apa di lestarikan, namun dalam segi agama hal ini juga harus diselaraskan, seperti Sedekah Bumi, dalam kontek agama dan kebudayaan merupakan satu hal yang sama yakni sama-sama bersyukur atas limpahan rezeki dari Allah SWT,” kata Bulkis.

Sementara itu, masyarakat juga terlihat sangat antusias, lantaran kebudayaan yang mereka jaga dari nenek moyang terdahulu, tetap didukung penuh oleh pemerintahan setempat dan tokoh agama. Hal ini terlihat dari ikut andilnya kepala KUA Kota Padang Bulkis, S, Th, I, MHI serta dari kalangan akademisi DR. H. Akhmad Dibul, M.PD dalam acara tersebut. (Azri)

Bagikan :