RA Se-Kabupaten Lebong Lakukan Manasik Haji

RA Se-Kabupaten Lebong Lakukan Manasik Haji

Lebong (Inmas), Raudhatul Atfal se-Kabupaten Lebong lakukan praktek manasik haji. Kegiatan di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong H. Junni Muslimin S. Ag. MA melalui Kasi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Lebong Abdul Malik S. Ag bertempat di Pasar Taba Atas samping Kantor Pengadilan Agama pada hari Selasa (12/09).

Dalam laporannya Ketua Panitia Manasik RA se-Kabupaten Lebong Hudia Husna S. Pd mengatakan manasik haji RA ini diikuti 250 anak-anak RA se Kabupaten Lebong dengan kegiatan praktek manasik haji mulai dari berpakaian ihrom, wukuf, tawaf, sa’i melontar jumroh, mabit dan  tahlul. 

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan  dan wawasan anak-anak tentang praktek melaksanakan haji. Rute pelepasan dimulai dari pasar samping Kantor PA Lebong kemudian ke Mesjid Agung Sultan Abdullah untuk melaksanakan praktek wukuf, melontar, tawaf, sa’i,dan tahalul.

“Adapun tema manasik Haji RA se-Kabupaten yaitu dengan Manasik haji RA kita budayakan nilai-nilai Ialami sejak usia dini” kata Hudia Husna

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Lebong yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi Pendis Kemenag Lebong Abdul Malik S. Ag mengatakan praktek manasik haji sangat perlu di lakukan bagi anak-anak sejak usia dini hal ini dikarenakan ibadah haji merupakan Rukun Islam yang ke Lima.

“Anak-anak kita jangan hanya mengetahui rukun haji yang kelima itu ibadah haji saja, melainkan harus mengtahui bagai mana cara melaksanakan haji yang sesungguhnya” kata Abdul Malik

Selain itu beliau juga menghimbau kepada para pembimbing agar dapat memperhatikan keadaan anak selama pelaksanaan praktek manasik berlangsung jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Turut hadir dalam manasik haji RA ini Ibu Ketua Darma Wanita Kemenag Lebong Hj. Mahdalena S. Ag, serta ratusan orang tua RA yang turut serta menjaga anaknya dalam melaksanakan manasik. (Bibin)

Bagikan :