MTs.N Taba Penanjung Bina Karakter Siswa Melalui Membaca Senyap

MTs.N Taba Penanjung Bina Karakter Siswa Melalui Membaca Senyap

Bengkulu (Inmas)- Hilangnya minat baca dikalangan pelajar akibat derasnya beragam gadget yang memanjakan penggunanya sudah demikian parah. Kita tidak lagi melihat anak-anak pelajar yang terlarut dalam alur cerita atau alur informasi yang disajikan dalam buku saat jam istirahat atau waktu luang.

 

    Mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berteman dengan HP dengan beragam fitur yang mengasyikkan. Mereka asyik menikmati beragam fasilitas gadget yang semakin canggih. Mulai dari beragam fitur fasilitas selfie sampai dengan beragam game yang menghabiskan waktu dengan memainkan jari ini.

    Dijelaskan oleh Kepala MTs.N. Taba Penanjung Hasan, S.Pd.I ada Beberapa pembiasaan yang sudah mulai terlihat dilakukan adalah dengan program pembiasaan yang bisa dilakukan setiap hari walaupun hanya dalam kurun waktu 15 – 30 menit saja. Pembiasaan ini disebut dengan Membaca Senyap. Ungkap Pak Hasan.

    “Setiap siswa mengambil satu buah buku di perpustakaan kemudian membacanya di tempat duduknya atau sesekali juga di alam terbuka dengan tanpa mengeluarkan suara sedikitpun,”ujarnya.

    “Para guru diminta untuk memantau para siswa selama kegiatan ini berlangsung. Dan meminta para siswa untuk membuat catatan kecil sebagai rangkuman hasil bacaannya dan dan kemudian setelah itu para siswa dipersilahkan untuk membacakan kesimpulan dari hasil bacaan tersebut ,” lanjutnya.

    Demikian juga jika kegiatan positif ini diterapkan untuk setiap mata pelajaran. Siswa diminta untuk membaca materi pelajaran yang telah disampaikan guru kemudian dibuatkan rangkumannya. Dengan begitu, tingkat pemahaman siswa pun dapat terukur dengan jelas.

    Jika setiap hari para siswa terus diarahkan untuk terus berteman dengan buku, maka diharapkan akan tertanam sebuah karakter untuk terus berteman dan akrab dengan buku sebagaimana seharusnya. Tamba Hasan. (Bobi)

Redaktur: H.Rolly Gunawan

Bagikan :