Kepala KUA PUT Curup Ikuti Sosialisasi HIV/AIDS

Kepala KUA PUT  Curup Ikuti Sosialisasi HIV/AIDS

Bengkulu (Inmas)- Sehubungan dengan makin maraknya penyebaran virus HIV, Dinas Kesehatan kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) mengadakan pertemuan di Aula Kantor Camat kecamatan PUT  guna membahas tentang akan diadakannya pertemuan Lintas Pertemuan/Lintas Sektoral dan Sosialisasi VCT satelit di Puskesmas PUT.

 

    Dalam pertemuan tersebut turut hadir  Camat PUT, Ka. Puskesmas PUT, Tanjung Agung, dan Kota Padang,  Ka. Klinik HIV – IMS Puskesmas PUT, Ka.KUA PUT, seluruh Kepala Desa, dan masyarakat umum.

    Pada kesempatan itu Ka.UPTD Puskesmas PUT, Hj. Astini, SKM menyampaikan tujuan akan diadakannya pertemuan Lintas Pertemuan/Lintas Sektoral dan Sosialisasi VCT satelit ini untuk mengajak masyarakat segera memeriksakan diri kepuskesmas untuk  mendeteksi apakah mereka terkena HIV atau tidak.

    HIV merupakan virus yang menyerang tubuh manusia dan merusak system kekebalan tubuh, sehingga system kekebalan tubuh manusia rusak/lemah dan dapat dengan mudah terserang berbagai penyakit.

    Selanjutnya beliau menjelaskan HIV dapat menular kepada orang lain, terutama kepada orang terdekat. Penularan itu bisa terjadi karena hubungan seks dengan pasangan yang mengidap HIV, kontak darah/luka, dan transfusi darah yang sudah tercemar virus HIV.  

    Apabila seseorang yang telah terkena virus HIV ini tidak segera ditangani dengan tepat, maka dapat mengakibatkan kematian. Kondisi inilah yang dinamakan dengan AIDS.

    Kepala Kantor Urusan Agama PUT, Taufik, S.Pd.I menyambut baik program ini. Apalagi untuk para calon pengantin yang akan menikah. Dilakukannya pengecekan laboratorium ini agar diketahui apakah pihak laki-laki atau perempuan ada penyakit HIV dan AIDS ditubuhnya.

    Sebab jika tidak dites dari awal maka kemungkinan tertular pasti ada untuk pasangan masing-masing bahkan keturunan mereka. Dengan diketahui sedari dini setidaknya ada upaya pencegahan penularan. Tegasnya

Redaktur: H.Rolly Gunawan

Bagikan :