Kemenag Seluma Adakan Sosialisasi Haji di KUA SAM

Kemenag Seluma Adakan Sosialisasi Haji di KUA SAM

Bengkulu (Informasi dan Humas) 19/12– Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Semidang Alas Maras tentang ibadah Haji, Kepala Kemenag Seluma bersama Kasi Haji dan Umroh. mengadakan sosialisasi Pendaftaran dan Pembatalan Haji kepada Perwakilan Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan Penyuluh Agama Islam (PAI) yang tersebar di 26 desa se Kecamatan Semidang Alas Maras.

    Pembinaan dan sosialisasi ini berlangsung selama satu hari Rabu (15/12) dimulai dari pukul 13.00 wib sampai dengan selesai, adapun Narasumber yakni Kepala Kemenag Seluma, H. Sipuan, S.Ag, MM dan Kasi Haji dan Umroh, H. Ahmat Marhaen, S.Ag.

    Kepala KUA Semidang Alas Maras Marlius Putra, M.HI ikut mendampingi Sosialisasi Pendaftaran dan Pembatalan Haji mendengarkan Materi dari Kepala Kemenag Seluma tentang sosialisasi Pendaftaran Haji lebih menfokuskan pada kebijakan pemerintah mengenai ibadah haji, tata cara pendaftaran Haji dan pembatalan Haji, serta alur proses pelaksanaan pendaftaran dan pelaksanaan ibadah haji yang prosedurnya cukup mudah dan sistematis.

    Sementara untuk Pemateri kedua disampaikan Kasi Haji dan Umroh, H.Ahmat Marhaen, S.Ag menjelaskan bahwa proses pendaftaran Haji melalui beberapa mekanisme yang harus dilalui agar kita mendapatkan nomor Porsi Haji diantaranya adalah harus membuka tabungan Haji dengan setoran awal Rp. 25.100.000,- (Dua Puluh Lima Juta Seratus Ribu Rupiah), Foto CopyKTP, KK, Akte Lahir, Surat Keterangan Sehat dan Jasmani, Surat Rekomendasi dari Pemda, Bukti Lunas Pajak, mengisi Formulir Haji serta foto dan sidik jari di SISKOHAT Kementerian Agama.

    Marlius berharap setelah mengikuti Sosialisasi Pendaftaran Haji ini, tokoh agama dan masyarakat terlebih para Penyuluh Agama Islam (PAI) sebagai ujung tombak KUA di desa, dapat mensosialisasikan kembali ditengah-tengah masyarakat serta memberikan informasi diwilayah tugas masing-masing kebijakan pemerintah tentang prosedur pendaftaran dan Pembatalan Haji ini sehingga minat masyarakat untuk menunaikan rukun Islam yang ke 5 ini semakin meningkat. Demikian Marlius.

Penulis : Humas KUA **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :