Supama: Siswa Yang Hebat Dihasilkan Oleh Guru yang Hebat

Supama: Siswa Yang Hebat Dihasilkan Oleh Guru yang Hebat

Bengkulu (Informasi dan Humas) 5/10- Para peserta Workshop Implementasi Kurikulum 2013 kembali mengikuti pelatihan hari kedua di MAN Talang Leak. Materi hari kedua diisi oleh Tim pemateri LPMP, yang terdiri dari Drs. Supama, M.Si, Komarudin, M.Pd, dan Marjuki, M.Pd. Untuk materi hari kedua, para peserta dikelompokkan per tingkat pendidikan.

Materi pertama yang disampaikan oleh Supama mengenai Pendekatan Saintifik. Pendekatan ini menekankan 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan) dalam proses pembelajaran. “Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013, kita tidak hanya mementingkan hasil, tapi juga menilai proses. Jika selama ini guru selalu menerangkan pelajaran, dalam pendekatan saintifik ini guru harus mampu menuntun siswa untuk mencari tahu, bukan memberi tahu”, ungkap Supama pada saat memberikan materi.

Setelah materi disampaikan, seluruh guru dituntut mensimulasikan Pendekatan Saintifik berdasarkan mata pelajaran yang diampu masing-masing guru. Materi selanjutnya yaitu Analisis SKL, KI, KD serta Telaah dan menyusun RPP. Setiap sesi diisi dengan simulasi guru berdasarkan materi yang telah disampaikan. 

“Guru dituntut mampu menjalankan kurikulum 2013 dengan baik pada proses KBM di sekolah. Walaupun Kurikulum ini menuntut siswa harus aktif, bukan berarti guru lebih santai, malah guru harus berpikir lebih keras lagi untuk menghasilkan siswa yang aktif. Karena siswa yang hebat dihasilkan oleh guru yang hebat juga”,demikian disampaikan Supama.

Penulis : Diah Pitaloka, S.Pd **
Redaktur: Arsuk E

Bagikan :