Ka. Kemenag RL Tinjau Pendampingan Implementasi K-13 MAN Curup

Ka. Kemenag RL Tinjau Pendampingan Implementasi K-13 MAN Curup

Bengkulu (Informasi dan Humas) 2/4- Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rejang Lebong (RL), Drs.H.Ch.M.Naseh, M.Ed memantau pelaksanan pendampingan implementasi kurikulum 13 yang sedang dilaksanakan di MAN Curup sejak senin 29 Maret 2015. Pelaksanaan pendampingan yang dikuti oleh guru-guru madrasah tsanawiyah dan madrsah aliyah sekabupaten Rejang Lebong. Yang di bagi menjadi tiga lokal besar, satu lokal untuk guru madrasah aliyah dan dua lokal untuk guru madrasah tsanawiyah.

Rasional Secara teoretik keberhasilan suatu kurikulum secara utuh memerlukan proses panjang, mulai dari kajian dan kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, pengembangan desain kurikulum, penyiapan dan penugasan pendidik dan tenaga kependidikan, penyediaan sarana dan prasarana, penyiapan tata kelola pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian. Saat ini pengembangan Kurikulum 2013, sudah memasuki tahap implementasi bertahap-terbatas pada Kelas I dan IV SD/MI,Kelas VII SMP/MTs, dan Kelas IX SMA pada sebagian kecil satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh wilayah Indonesia. Pentahapan implementasi ini, dimaksudkan untuk memperoleh informasi tingkat keterlaksanaan kurikulum dan memberi peluang bagi penyempurnaan kurikulum secara bertahap.

Pada kunjungannya Ka. Kemenag RL meninjau pelaksanaan pendampingan sebagai kontrol dan evaluasi untuk meuju madrsah yang lebih baik. Ka. Kemenag yang di dampingi oleh Drs. Abdul Munir, M.Pd Ka. MAN Curup berkeliling memantau keadaan lokasi MAN Curup. “Bagaimana dengan pendampingannya buk ? bisa dimengerti apa yang disampaikan instrukturnya ?” tanya Ka. Kemenag RL kepada salah seorang peserta pendampingan Implementasi kurikulum 13.  

Sejauh pelaksanaan Pendampingan semua berjalan sebagaimana yang direncanakan oleh panitia penyelenggara, sejak hari pertama hingga hari ke empat kerja sama panitia dan para instruktur untuk bekerjasama dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidik menuju madrasah yang lebih baik.

Dalam tinjauannya Ka. Kemenag berharap kepada seluruh peserta untuk bisa mengikuti kegiatan pendampingan mplementasi kurikulum 13 dengan baik hingga usai, lain dari pada itu Ka. Kemenag meminta penyelenggara untuk benar-benar memfasilitasi peserta dengan maksimal. Pada kesempatan ini juga beliau meminta agar seluruh instruktur mau membagikan ilmunya secara total.

Penulis : Humas/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :