Menag: Agama Menjadi Perekat Keberagaman

Menag: Agama Menjadi Perekat Keberagaman

Bengkulu (Informasi dan Humas) 10/12- Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang plural, majemuk dan beragam dengan berbagai etnis dan suku, sehingga nilai-nilai agama menjadi hal yang sangat penting sebagai perekat keutuhan bangsa, kata Menag RI, H.Lukman Hakim Saifuddin saat melakukan pembinaan pegawai di Aula Asrama Haji Antara Bengkulu, Rabu (10/12). 

“Agama Adalah perekat bangsa, karena semua etnis dan suku di negeri ini menjunjung tinggi nilai-nilai agama mulai lahir hingga mati selalu mengedepankan prosesi keagamaan,” ujarnya dihadapan pemuka agama, tokoh masyarakat dan seluruh jajaran Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

Melihat fakta itu, menurut Menag bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius, sehingga agama memiliki nilai strategis dalam mewujudkan persatuan bangsa. 

Untuk itu, Kementerian Agama sebagai lembaga yang memiliki tugas penting dalam hal Agama tidak sama dengan kementerian lainnya karena Kementerian Agama memiliki kata “Agama” yang tentunya menjadi pembeda dengan kementerian lainnya. 

Untuk itu, dengan membawa nama “Agama”, dalam tugasnya Kementerian Agama setidaknya memiliki tiga misi strategis yang harus diwujudkan yaitu peningkatan kualitas kehidupan beragama, peningkatan kualitas pendidikan keagamaan dan kualitas kerukunan umat beragama. 

Terkait dengan lima budaya kerja yang diluncurkan Kementerian Agama, Menag yang juga putra dari Mantan Menteri Agama itu, mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama untuk tidak terjebak dengan kegiatan rutinitas dan harus memaknai maksud dari lima budaya kerja yang digaungkan oleh Kementerian Agama yaitu Integritas, Profesional, Inovatif, Tanggungjawab dan keteladanan. 

“Sebagai pegawai Kementerian Agama , berinovasilah jangan seperti mesin, jangan melanggar peraturan yang ada, pertanggungjawabkan seluruh pekerjaan saudara kepada atasan,” pungkasnya. 

Ia juga menegaskan bahwa lima budaya kerja yang telah diluncurkan itu bukan keinginan pribadi melainkan keinginan kita semua sehingga ia mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan kualitas diri, kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. 

Dalam kunjungan sehari di Provinsi Bengkulu, selain memberikan pembinaan pegawai di Asrama Haji Antara Bengkulu, Menag juga melakukan kunjungan ke Kantor Kemenag Provinsi Bengkulu dan IAIN Bengkulu.

Penulis : Jaja/C **Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :