85 Siswa/i MIM Lubuk Kembang Ikuti Pemeriksanaan Golongan Darah

85 Siswa/i MIM Lubuk Kembang Ikuti Pemeriksanaan Golongan Darah

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/10- Kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah Di MIM Lubuk Kembang, Petugas yang melakukan kegiatan ini di Koordinir dari Puskesmas Curup Utara Kab R/L Bidan Sri Haryati,di dampingi dua orang perawat Nova Aryopis dan Intan Paramita

Kegiatan ini di laksanakan pada hari Senin 13 Oktober 2014 dari pukul 9.00 s/d pukul 11.00,siswa yang di periksa golongan darah adalah klas satu sampai klas 6 sebanyak 85 siswa dari 100 siswa ,ada sebagian siswa tidak berani untuk di ambil sampel darahnya dan berlarian pulang kerumah..

Bidan Sri Haryati menyampaikan ,bahwa pemeriksaan golongan darah ini sangat penting bagi anak-anak usia sekolah. Pasalnya, dari hasil di lapangan ternyata masih banyak juga siswa-siswi Sekolah lanjutan Atas yang tak mengetahui golongan darahnya.

Padahal mengetahui apa golongan darah diri sendiri sangat penting. Selain itu juga, dengan adanya tes golongan darah ini maka anak-anak sekolah terutama untuk tingkat Dasar, menengah dan atas dapat mengetahui golongan darah yang dimilikinya sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan, baik itu untuk keluarga sendiri ataupun masyarakat yang tengah membutuhkan bisa mudah memberi bantuan.

Sementara pemeriksaan hemoglobin sendiri, merupakan salah satu bentuk antisipasi untuk mewujudkan kondisi anak sekolah bebas anemia. Pasalnya, jika anemia ini terkena pada anak maka dampaknya pada kecerdasan anak itu sendiri. Karena itu, penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah ini jangan dianggap enteng.

Kondisi tersebut harus segera ditanggulangi khususnya mulai pada anak usia sekolah dasar, yang merupakan usia emas.Lebih lagi bagi pertumbuhan anak-anak baik fisik maupun mental yang berpengaruh bagi masa depan

Di Akhir Kegiatan Kepala MIM Lubuk Kembang Atin Sugiarti S.Pd.I mengucapkan trimaksih begitu pentingnya program ini bagi siswa .

Karena pengalaman di Keluarga atau kerabat sering ditemukan kejadian kebutuhan darah dalam jumlah yang besar akibat kecelakaan dan pendarahan dan sebagainya, namun terkendala karena pasien belum mengetahui golongan darahnya, begitu juga dengan keluarga pasien yang bersangkutan. 

Penulis : Atin Sugiarti S.Pd.I/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :