MIN 1 Rejang Lebong Tingkatkan Hafalan Qur’an Siswa dengan Metode Muraja’ah

Rejang Lebong (Humas) - Dalam upaya meningkatkan kompetensi hafalan Qur’an khususnya Juz Amma pada siswa, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong menerapkan metode muraja’ah atau pengulangan kembali. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu di mushola madrasah, dipimpin oleh Ust. Reli Kusmanto, S.Pd.I.

Siswa/i MIN 1 Rejang Lebong dengan penuh semangat mengikuti kegiatan tahfidz yang fokus pada Juz ke-30 (Juz Amma). Metode muraja’ah diterapkan dengan harapan dapat memperkuat ingatan siswa terhadap ayat-ayat atau surat dalam Al-Qur'an melalui pengulangan secara rutin.

"Metode muraja’ah yang diterapkan secara rutin dan sering, diharapkan dapat memudahkan siswa/i dalam menghafalkan Al-Qur'an," ungkap Reli Kusmanto setelah pelaksanaan kegiatan pada Rabu (29/05).

Proses hafalan Juz Amma dimulai dengan membaca surat-surat yang telah dihafal, dilanjutkan dengan membaca surat baru yang ditirukan oleh siswa dari bacaan guru, diulang beberapa kali hingga siswa mudah menghafalnya. Pada akhir kegiatan, guru mengevaluasi hafalan dengan meminta beberapa siswa/i untuk maju dan membacakan hafalan surat yang telah dipelajari.

Kepala MIN 1 Rejang Lebong, Mufidatul Chairi, S.Ag., M.Pd.I, mengapresiasi langkah dan metode yang diterapkan oleh guru pembimbing. "Program menghafal Juz Amma ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan pada Al-Qur'an dan mencetak generasi yang Qur'ani. Saya sangat mengapresiasi metode yang diterapkan guru pembimbing dalam meningkatkan kompetensi hafalan siswa," kata Mufidatul Chairi.

Beliau juga berharap agar metode muraja’ah ini dapat terus berjalan dengan baik sebagai upaya menanamkan kecintaan pada Al-Qur'an dan mencetak generasi Qur'ani yang hafal Al-Qur’an. Selain itu, beliau mengharapkan kerjasama dari orang tua/wali siswa untuk membantu kelancaran kegiatan ini dengan membantu putra/putri mereka menghafal Juz Amma di rumah.


TERKAIT

Berita LAINNYA