Pelepasan Peserta Utsawa Dharma Gita XI

Bengkulu (Hukmas)-Selasa (7/6/2011) Pukul 15:00 WIB Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Taufiqurrahman, SH, MAP didampingi Pembimas Hindu Drs. I Made Nasib Mardika, M.Pd dan Ketua PHDI Provinsi I Gde Karsana melepas 20 orang peserta, official, dan penggembira Utsawa Dharma Gita XI Denpasar-Bali. Hadir pada saat pelepasan Kabid Urais Drs. H. Ikhsan Zam, Kabid Hazawa Drs. H. Zahdi Taher, Kabid Pekapontren Drs. H. Tasri, MA, Kabid Mapenda yang diwakili Drs. Munajam, M.Pd, Pembimas Katolik B. Riyanto, S.Ag,  Pembimas Budha Slamet Dharmanto, SH, Pembimas Kristen Nurma Lumban Siantar, S.Th.

Dalam laporannya Drs. I made Nasib Mardika, M.Pd menyampaikan bahwa cabang lomba yang diikuti oleh 20 peserta terbut hanya 6 cabang dari 7 cabang yang diperlombakan. Kontingen Bengkulu terdiri dari 34 orang dengan peserta lomba 20 orang, panitia 5 orang, official 5 orang dan 4 orang penggembira. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memantapkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran suci weda serta memperluas wawasan keagamaan umat Hindu.

Ketua PHDI I Gde Karsana dalam sambutannya mengatakan bahwa dari 3 kali kegiatan Utsawa Dharma Gita yang diikuti oleh Provinsi Bengkulu untuk yang ketiga ini baru pertama kalinya dilepas secara langsung oleh Kepala Kanwil kementerian Agama. Ketua PHDI berharap Dharma Gita dapat diapresiasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat Hindu dan khusus bagi yang mengikuti lomba. Dukungan Pemerintah Daerah kedepan diharapkan demi kelangsungan dan kemajuan prestasi para peserta yang dapat mengangkat nama Bengkulu. Kepada para peserta beliau berpesan agar tetap semangat dan menjaga kesehatan menjelang dan selama bertanding. “Terima kasih atas bantuan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini bahkan turut hadir dalam latihan bersama di Pura Santhi Muara Dipa untuk memberikan semangat kepada para peserta”.

“Kegiatan Utsawa Dharma Gita ini telah dimasukkan dalam DIPA Kanwil Tahun 2011 berkat perjuangan dan koordinasi antara Bimas Hindu dan Subbag Perencanaan” ujar Kakanwil. Para penggembira diharapkan selalu hadir pada saat peserta berlomba, guna memberikan dukungan dan semangat. Untuk para peserta agar menjaga kesehatan dengan baik, istirahat yang cukup dan dengan harapan mendapatkan prestasi yang membanggakan. Kegiatan ini juga merupakan suatu sarana untuk memantapkan kerukunan intern dan ekstern umat beragama tambah Kakanwil.

Mengakhiri sambutannya Kakanwil berharap agar umat Hindu umumnya dan para peserta khususnya supaya meningkatkan pemahaman terhadap ajaran agama dan kemampuan membaca serta memahami kitab suci untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan :