Persiapan Keberangkatan Haji, Kemenag Kepahiang Gelar Manasik Tahap 1

Persiapan Keberangkatan Haji, Kemenag Kepahiang Gelar Manasik Tahap 1

Kepahiang (Humas) --- Dalam rangka mempersiapkan keberangkatan dan meningkatkan pemahaman Jemaah Haji tentang proses palaksanaan Ibadah Haji 1443 H/ 2022 M, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) mulai melakukan program manasik haji kepada Jemaah Haji tahap 1. Kegiatan digelar di Aula Kantor Kemenag Kepahiang, Kamis (19/05).

Sebanyak 49 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Kepahiang mengikuti kegiatan bimbingan manasik Haji tingkat Kabupaten Tahap 1.

Kepala Kantor Kemenag Kepahiang, H. Lukman,S.Ag,.M.H, mengawali sambutannya menyampaikan selamat kepada Jemaah Haji tahun 1443 H / 2022,  karena tahun ini telah terpanggil untuk melaksanakan Ibadah Haji.

Lebih lanjut, H. Lukman mengungkapkan bahwa pentingnya kegiatan pembinaan manasik haji bagi setiap orang yang akan melaksanakan perjalanan ibadah haji, karena dengan pemahaman yang komprehensif tentang tata cara pelaksanaannya maka ibadah haji yang dilakukan akan menjadi benar dan sah.

“Kegiatan pembinaan manasik haji menjadi penting, karena diterimanya atau tidaknya ibadah haji tergantung dari seberapa jauh pemahaman tentang tata cara pelaksanaannya. Kita harus mengenal rukun, sunah dan perbuatan yang diharamkan selama menunaikan ibadah haji, sehingga setelah selesai melaksanakan ibadah haji, kita akan menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya.

Pada Kesempatan yang sama Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah KanKemenag Kepahiang, Zulfakar Alamsyah mengungkapkan, akan berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan Jemaah haji dari Kepahiang agar pemahaman tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, sejak dari tanah air sampai ke Makkah Al-Mukarramah dapat memadai. Sehingga pada saat pelaksanaan ibadah haji, tidak terkendala karena kurangnya persiapan.

Terakhir, Zulfakar mengingatkan kepada seluruh calon jemaah haji Kabupaten Kepahiang tahun 2022 untuk  mempersiapkan diri dari sekarang dengan terus mengikuti kegiatan manasik haji baik melalui program Kemenag atau dengan guru-guru agama yang ahli mengenai ibadah haji, dan kami juga mengimbau agar para jemaah tetap selalu menjaga kesehatan, kebugaran dan tetap mematuhi protokol kesehatan. (yudi)

 

Bagikan :