Jadikan Ekstrakulikuler Wajib, Pembina : Pramuka Bisa Jadi Dasar Pendidikan Karakter Siswa

Jadikan Ekstrakulikuler Wajib, Pembina : Pramuka Bisa Jadi Dasar Pendidikan Karakter Siswa

Bengkulu Selatan (Humas) – Pada era ini, pendidikan Kepramukaan telah menjadi  ekstrakurikuler wajib dilaksanakan di setiap madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan
Pramuka di madrasah. Dimana MTsN 1 Bengkulu Selatan memiliki nama gugus depan “Pangeran Diponogoro” dan diadakan setiap hari Kamis jam 14.00 s/d 17.00.

Kepala MTsN 1 BS, Yuliyus Penpanani, S.Pd.,MM mengatakan kegiatan ekstra pramuka ini dapat menjadi dasar pembentukan kreatifitas dan semangat belajar siswa. Yulius lebih jauh berharap anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

Selain itu, Pembina Nanang Suherli, M.Pd.I menyampaikan bahwa melalui kegiatan ektrakulikuler pramuka,  diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan karakter, sikap dan mental peserta didik yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain.

“ Melalui pendidikan Kepramukaan ini, siswa dibina dan diajarkan tentang ketaqwaan kepada Allah SWT, Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila,  pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi. Semoga  Ekstrakulikuler Pramuka di MTsN 1 Bengkulu Selatan bisa menunjukan eksistensinya melalui prestasi dan kegiatan sosial yang terealisasi” ungkap Dr. H. Junni Muslimin, MA selaku Kakan Kemenag BS. (Eka/ Arifky)

Bagikan :