Tingkatkan Kompetensi, Tiga Guru MAN 2 Mukomuko Ikuti Webdiklat Manajemen Laboratorium/Bengkel Sekolah/Madrasah

Tingkatkan Kompetensi, Tiga Guru MAN 2 Mukomuko Ikuti Webdiklat Manajemen Laboratorium/Bengkel Sekolah/Madrasah

Mukomuko (Humas) - Peningkatan kompetensi kepribadian, sosial, manajerial dan profesionalisme merupakan kebutuhan mendasar bagi seorang pendidik. Oleh karena itu, MAN 2 Mukomuko mengirim tiga utusan untuk mengikuti Webdiklat Manajemen Laboratorium/Bengkel Sekolah/Madrasah yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Ketiga pendidik itu adalah Gustina Sophia, S.Pd (Lab. Kimia) Isma Julita, S.Pd.I (Lab Bahasa) dan Yosi Fitri, S.Pd (Lab. Komputer).

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai Provinsi. Menurut Kepala MAN 2 Mukomuko, Syafrizal, S.Ag keikutsertaan tenaga pendidik dalam kegiatan semacam ini adalah sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas madrasah.

"Dengan mengikuti kegiatan pengembangan diri semacam ini, tenaga pendidik akan memiliki kemampuan lebih dan dapat mengembangkan potensi diri mereka. Ini tentu akan berdampak positif pada kualitas madrasah, sebab dari tiga peserta yang ikut nantinya mereka akan kita wajibkan untuk menularkan ilmu ilmu yang mereka dapatkan," ujar Syafrizal.

Senada dengan Syafrizal, Waka Kurikulum Yosi Fitri,S.Pd menyebutkan bahwa pengembangan kompetensi diri diberbagai bidang merupakan sebuah keharusan bagi tenaga pendidik.

"Sebagai tenaga pendidik, guru berkewajiban untuk terus mengembangkan potensi dan kompetensi dirinya. Jangan merasa puas dengan apa yang sudah dimiliki, jangan bangga dengan kemampuan yang sudah ada saat ini. Ilmu itu tidak ada batasnya, terus kembangkan diri kita supaya tidak terlindas arus zaman," jelas Yosi.

Yosi juga berharap, pasca webdiklat ini ketiga peserta mampu memberikan dampak positif bagi madrasah. Berawal dari manajemen laboratorium yang baik, diharapkan mampu mengembangkan kegiatan kesiswaan yang akan mendongkrak prestasi.

"Dengan adanya Kepala Laboratoriun, diharapkan pengoptimalan fungsi laboratorium akan berjalan. Dan ini tentu akan berdampak positif pada peningkatan kualitas dan kreatifitas peserta didik. Jika semua berjalan baik sebagaimana teori yang ada, webdiklat ini akan menghasilkan peningkatan kualitas pendidikan di madrasah kita," tutup Yosi. (arsawi)

Bagikan :