Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di MIN 7 Mukomuko Berlangsung Khidmat

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di MIN 7 Mukomuko Berlangsung Khidmat

Mukomuko (Humas) - Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu Perayaan Hari Besar Islam yang tak kalah pentingnya. Hari kelahiran baginda Rasulullah SAW sarat akan makna sejarah dan introspeksi diri bagi umatnya. Dua tahun belakangan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini tidak diadakan sebab pandemi Covid-19. Alhamdulillah untuk pertama kalinya setelah dua tahun berlalu MIN 7 Mukomuko mengadakan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 H di madrasah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Pondok Makmur, Staff Desa Sido Makmur, Kepala KUA, Staff Camat Air Majunto dan Ustadz Muhammad Saiful Rifa'i sebagai penceramah. Keluarga besar MIN 7 Mukomuko bekerja sama agar acara dapat terlaksana sesuai harapan dan rencana. Siswa-siswi antusias mengikuti kegiatan ini. Setiap kelas menampilkan keunggulan kelasnya masing-masing untuk menyemarakkan perayaan. Ada nasyid, pembacaan Rukun Iman dan Rukun Islam, Sholawat, penyampaian sejarah Kelahiran Nabi SAW, hingga penampilan da'i cilik. Serta tak kalah menariknya adalah tausiyah agama yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Saiful Rifa'i. Setiap siswa-siswi menyimak dengan seksama. Ada sepuluh door prize yang disediakan madrasah bagi siswa-siswi yang mampu menjawab kuis dengan benar.

"Meski Rasulullah SAW itu lahir seribu empat ratus lima puluh tahun yang lalu, namun dengan perayaan hari ini kita semua digiring kembali ke masa kelahiran beliau. Masa dimana pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah mencoba menghancurkan Ka'bah. Tetapi seizin Allah mereka akhirnya hengkang dari Kota Mekkah tanpa menyentuh Ka'bah sedikitpun. Ini akan mengentalkan ingatan siswa-siswi tentang hari kelahiran baginda Rasulullah SAW yang memang dipersiapkan Allah SWT. Jadi anak tidak hanya mendengar tapi juga akan berimajinasi seolah-olah menyaksikan kelahiran Nabi Muhammad SAW," ungkap Tania.

Hal ini ditambahkan oleh Salamiah selaku guru sejarah kebudayaan Islam, acara ini juga bertujuan untuk mempererat Ukhuwah Islamiyyah antara guru dan siswa-siswi serta undangan yang hadir.

"Semboyan menuju madrasah mandiri berprestasi, serta berakhlak Islami tak hanya tinggal slogan di spanduk acara tapi betul- betul kami laksanakan sebagai pengaplikasian. Berharap siswa-siswi MIN 7 Mukomuko ini melahirkan generasi Islam yang berakhlak mulia," ungkap Kepala Madrasah, Yuli, S.Pd.I (Yl)

Bagikan :