Audit Kinerja Madrasah, Kemenag Benteng Sambut Tim Itjen

Audit Kinerja Madrasah, Kemenag Benteng Sambut Tim Itjen

Bengkulu Tengah (Humas) –  Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI kembali mengunjungi Kementerian Agama Kab. Bengkulu Tengah. Kedatangan Tim Auditor dari Jakarta ke Bumi Gunung Bungkuk dalam rangka melakukan Audit Kinerja pada dua Madrasah Negeri di lingkungan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah, Senin (25/10).

Dua Madrasah Negeri yang dilakukan audit dari Tim Itjen yang di ketuai oleh Tri Budi Susanto tersebut yaitu, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkulu Tengah dan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bengkulu Tengah.  Kedatangan Tim Auditor langsung di sambut baik oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM yang di dampingi oleh Kasubbag Tata Usaha Dr. Rusman Saleh, M.Pd dan Kasi Pendidikan Islam Muhammad Ali, S.Pd.I.,M.Pd.

Entry Meeting Audit Kinerja Berbasis Tugas dan Fungsi digelar di Gedung Aula Sakinah Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah yang dihadiri Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator Madrasah serta Guru-Guru dari MTsN 1 Bengkulu Tengah dan MTsN 2 Bengkulu Tengah.

Sipuan, S.Ag.,MM selaku Kepala Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah dalam sambutannya pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang serta menyambut baik sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Tim Itjen Kemenag RI yang telah bersedia datang ke Kabupaten paling bungsu di Bumi Rafflesia ini dalam rangka melaksanakan Audit Kinerja pada dua Madrasah di jajarannya.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Tim Itjen Kemenag RI di Kantor Kemenag Kab. Bengkuu Tengah. Dan, untuk para hadirin dalam Entry Meeting ini saya pinta untuk menyimak dan mencermati baik-baik arahan serta informasi dari Tim Auditor ini agar bisa terealisasi dan terlaksana dengan baik,” ucap Kakan Kemenag.

Menurut beliau, audit kinerja ini merupakan momentum untuk kedua Satker yang akan di audit yakni, MTsN 1 Bengkulu Tengah dan MTsN 2 Bengkulu Tengah untuk melakukan evaluasi terkait kinerja dan sitem pengelolaan Madrasah. “ Saya harap kedatangan Tim Auditor bisa semakin memotivasi sekaligus menyempurnakan dokumen laporan pertanggungjawaban yang nantinya akan di audit,” harap H. Sipuan.

Pada kesempatan yang sama, Purnomo MS selaku Pengendali Teknis Tim Itjen menyampaikan bahwa Audit sekarang tidak sama dengan Audit sebelumnya yaitu Audit Berbasis Anggaran. Jadi, Audit sekarang adalah Audit Berbasis Tugas dan Fungsi dengan ruang lingkup Organisasi Tata Kerja, Analis Jabatan, Uraian Jabatan, Analis Beban Kerja, Rencana Strategis, RKAM, RKA-KL, dll pada Tahun Anggaran 2020.

“Audit ini salah satunya bertujuan mendapatkan keyakinan yang memadai terhadap kinerja Satuan Kerja yang meliputi Audit atas aspek 3E yaitu Ekonomis, Efesiensi dan Efektivitas,” terang Purnomo.

 

Bagikan :