Hadiri Pembukaan STQH Nasional ke-26, Kakanwil Puji Semangat Kafilah Bengkulu

Hadiri Pembukaan STQH Nasional ke-26, Kakanwil Puji Semangat Kafilah Bengkulu

MALUKU UTARA (HUMAS) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Megaharyanti Zahdi menghadiri rangkaian acara pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) Tingkat Nasional ke-26. Sabtu (16/10/21) malam.

Kegiatan digelar  di halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara (Malut) itu, secara resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa secara bersama oleh Menag Yaqut, Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, Ketua LPTQ yang juga Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin. 

Kakanwil menyampaikan apresiasi dan memuji semangat kafilah dari provinsi Bengkulu yang sejak awal selalu kompak mengikuti perhelatan lomba nasional di Kota Sofifi itu.  

‘’Semoga semangat kafilah dari Provinsi Bengkulu membuka semangat baru bagi generasi penerus untuk meningkatkan spirit membumikan al-Qur’an,’’ kata Kakanwil.

Kakanwil juga mengharapkan kepada kafilah untuk terus membangun rasa percaya diri, sehingga para peserta dapat tampil dengan kemampuan terbaik.

‘’Ikuti arahan pelatih, teruslah semangat dan berikan kemampuan terbaik,’’ pinta Zahdi.

‘’Yang terpenting juga, jaga nama baik provinsi Bengkulu,’’ lanjut Kakanwil lagi.

Dikesempatan yang sama, Menag Yaqut menyampaikan STQH merupakan sarana mewujudkan Islam yang ramah untuk semua umat manusia. 

STQH Nasional ke-26 merupakan upaya mengenalkan Islam moderat, mendekatkan Al-Qur'an kepada masyarakat, dan menggali makna holistik dalam kehidupan,’’ ungkap Menag.  

Menag juga penyelenggaraan STQH Nasional di Maluku Utara ini dapat merawat dan membumikan spirit Islam rahmah dan damai melalui spirit membumikan al-Qur’an yang terus dan berkelanjutan.

‘’Mari kita mengenalkan keberislaman yang moderat kepada generasi muda, dengan mendekatkan Al-Qur’an kepada masyarakat luas, dan menggali makna holistiknya untuk dijadikan spirit berbangsa dan bernegara,’’ pesan Menag.

Sementara itu dalam laporan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin bahwa gelaran STQH XXVI kali ini diikuti 589 peserta dari 34 Provinsi. 

‘’Kita berharap, Al-Qur'an bukan hanya sekedar untuk dibaca sebagai tekstual, namun juga dapat dimaknai dan menjadi pedoman kehidupan,’’ jelas Kamaruddin.

‘’Semoga apa yang kita laksanakan hari ini bisa menambah semangat keberislaman dan berdampak positif terhadap pembangunan nasional,’’ demikian Kamaruddin.

Selain menghadiri acara pembukaan, Kakanwil dan rombongan juga mengunjungi Sekretariat Kafilah Provinsi Bengkulu. Kakanwil juga memantau langsung para pelatih yang sedang membimbing peserta menjelang perlombaan perdana pada Minggu, (17/10).

Kakanwil disambut oleh Kasi SBI,MTQ Dan Ak Hadits Dr.Khoiruman,.M.Pd mewakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) H. Arsan Ibrahim. Ikut mendampingi Kakanwil, Kasubag Umum dan Humas Sumardayakita.,S.H, Kakan Kemenag Lebong H. Heriansyah.

 

 

Penulis : Tatang Wss  

 

 

Bagikan :