Siswa MTsN 2 Mukomuko Diajarkan Keterampilan Menyulam

Siswa MTsN 2 Mukomuko Diajarkan Keterampilan Menyulam

Mukomuko (Humas) - Guru kesenian Hanik MR, S.Pd mengajarkan siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Mukomuko keterampilan menyulam, di dalam ruang kelas pada saat jam pelajaran SBK.

Menyulam merupakan kegiatan menjahit motif lukisan atau hiasan di atas kain atau bahan sejenisnya dengan menggunakan jarum dan benang. Hasil kain yang disulam tersebut biasanya dimanfaatkan untuk taplak / alas meja agar terlihat menarik dan rapi.

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, siswa sudah diimbau untuk mempersiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan, seperti kain polos, gunting, benang, dan lainnya.

"Kegiatan menyulam salah satu tujuannya adalah untuk menumbuhkan kreativitas dan melatih keterampilan tangan siswa-siswi," ujar Hanik.

Pada proses pembuatannya siswa diberi kebebasan untuk menuangkan ide dan kreativitasnya saat mengombinasikan benang dan kain sehingga menghasilkan karya menarik sesuai kemampuan mereka. Motif yang dipilih para siswa saat menyulam umumnya adalah bunga.

Pihak madrasah sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut karena bermanfaat untuk melatih skill, kreativitas, dan keterampilan para siswa dalam berkarya. (Muhtohar)

Bagikan :