Tingkatkan Validitas Data Lembaga, Seksi PD Pontren Lakukan Pembinaan EMIS

Tingkatkan Validitas Data Lembaga, Seksi PD Pontren Lakukan Pembinaan EMIS

Bengkulu Utara (Humas) – Kantor Kementerian Agama (Kan.Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melalui Seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (Sie.PD Pontren), selenggarakan Pembinaan EMIS pada Pondok Pesantren (PP), Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), dan Rumah Tahfidz Al-Qur’an (RTQ), bertempat di PP Darunnaja, Ketahun.

Kegiatan yang bertemakan melalui pembinaan EMIS PP, MDTA, TPQ, dan RTQ kita tingkatkan validitas data lembaga tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala Seksi (Kasi PD Pontren Kemenag Kab.BU), Harta, M.Pd, beserta segenap timnya, dan admin dari Kantor Wilayah Kemenag (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu, Ida Veroyani, M.Pd.I, sekaligus selaku nara sumber teknis tentang pengisian data EMIS, serta dari masing-masing perwakilan PP, MDTA, TPQ, serta RTQ dalam wilayah Kecamatan Ketahun dan Putri Hijau.

Dalam kesempatan itu, pada kata sambutannya, Kasi PD Pontren, Harta,M.Pd, mengemukakan bahwa melalui pembinaan EMIS,diharapkan akan adanya validitas data lembaga sehingga tidak tertingal informasi.

“Kalau suatu lembaga tidak terekam di EMIS, maka implikasinya cukup krusial, terutama untuk masuk ke aplikasi-aplikasi lainnya, tidak akan terkoneksi,” ujar Harta.

Karenanya, masih menurut Kasi PD Pontren Kemenag BU, pihaknya sengaja memprogramkan tentang pembinaan EMIS tersebut agar nantinya seluruh informasi baik data ataupun lainnya, yang dimiliki lembaga dapat terinput secara baik di EMIS.

“Kedepannya, baik PP, MDTA, TPQ, dan RTQ, wajib mengaktifkan EMIS sehingga aplikasinya terkoneksi ke aplikasi lain yang sangat penting,” tambah Harta.

Kemudian, Harta, M.Pd berharap semoga melalui pembinaan itu akan mencapai tujuan yang diharapkan yaitu tervalidasinya data dalam memberikan informasi dan terkoneksi ke aplikasi lain sehingga menjadi lancar.

“EMIS ini adalah ujung tombaknya suatu lembaga. Karenanya, harapan kami dengan adanya pembinaan ini, akan ada perwakilan di setiap kecamatan guna memberikan informasi ke yang lainnya. Oleh sebab itu, untuk memenuhi standar EMIS ini, tolong benar-benar dipahami. Jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya, sebab hakekatnya mendirikan PP, MDTA, TPQ, dan RTQ adalah dalam rangka Syiar Islam,”pungkasnya.

Disisi lain, masih dalam moment tersebut, Ida Veroyani,M.Pd.I, selaku admin atau nara sumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu lebih menekankan materi secara teknis, yakni tatacara pengisian data EMIS secara baik dan benar. {Erfin Bastary}

Bagikan :