Resmi Bergulir, 294 Pelajar Bersaing di KSM Tingkat Provinsi

Resmi Bergulir, 294 Pelajar Bersaing di KSM Tingkat Provinsi

BENGKULU (HUMAS) --- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Bengkulu resmi bergulir. Sebanyak 294 pelajar yang merupakan juara 1,2 dan 3 pada masing-masing jenjang dan tingkatan dan bidang studi, bersaing untuk merebut tiket tingkat Nasional yang akan bergulir pada tanggal 23 dan 24 Oktober 2021 mendatang.

Pembukaan Kompetisi secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Dr. H. Zahdi taher, M.HI, secara virtual. Minggu, (19/9).

 ‘’Pada ajang tingkat provinsi ini, akan diambil 1 juara di setiap jenjang mata pelajaran, untuk  mewakili Provinsi Bengkulu di tingkat Nasional,’’ kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Drs. H. M. Soleh.,M.Pd.   

Pelaksanaan KSM ini merupakan tindaklanjut dari Surat Keputusan  Dirjend Pendidikan Islam Nomor 2973 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“Ditengah ketergantungan ilmu dan teknologi, siswa-siswi madrasah harus menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan ketaqwaan,’’ ungkap Kabid.

 ‘’Untuk pelaksanaannya tanggal 19 September 2021 Tingkat Madrasah Aliyah (MA), dan tanggal 20 September 2021, Tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Ibtidaiyah,’’ lanjut  Abi Soleh begitu Kabid ini akrab disapa.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kakanwil Kemenag menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya KSM tingkat Provinsi Bengkulu ini.  Menurutnya, Kementerian Agama akan terus berupaya menjaga kesimbangan tersebut sebagai watak bangsa agar negara yang besar ini mampu bersaing pada masa-masa yang akan datang.

‘’Tentu juga menjadi motivasi dan penyemangat dalam mengikuti ajang lomba berikutnya. Sehingga kalian terus mengapai prestasi yang lebih baik,”  ungkap Kakanwil.

Terutama lanjut Zahdi, ajang ini bertujuan mengintegrasi sains dan islam menuju Madrasah yang hebat dan bermartabat.

‘’Sejak dini anak-anak harus dilatih imajinasi dan kreativitas agar kedepan siswa-siswi Madrasah dari Bengkulu melahirkan ilmuwan-ilmuwan terbaik. Karenanya saya mengharapkan kepada peserta agar tunjukkan prestasi kalian, tampilah maksimal dan raih impian untuk menjadi pemenang,’’ demikian Kakanwil.

 Acara pembukaan sendiri juga diikuti oleh Kepala Kantor Kemementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Madrasah dari berbagai jenjang tingkatan baik negeri maupun swasta serta tenaga operator atau proktor. Kompetisi kali ini mengusung tema Tunjukkan sportivitas dan daya juang untuk mewakili Bengkulu di tingkat Nasional. (Ttg/Abi)

 

 

Bagikan :