Dorong 2000 Masjid Go Digital, Kanwil Kemenag Bengkulu dan BSI Jalin Kerjasama

Dorong 2000 Masjid Go Digital, Kanwil  Kemenag Bengkulu dan BSI Jalin Kerjasama

BENGKULU ( HUMAS) ---  PT. Bank Syariah Indonesia Tbk melaksanakan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Kerjasama ini untuk memperluas program produk jasa Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di 2000 Masjid se-Provinsi Bengkulu, agar menerapkan transaksi go digital QRIS.

MoU dilaksanakan langsung oleh Dr. Dedy Suryadi Dharmawan selaku Regional CEO Region 3 Palembang BSI dengan Kakanwil Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI di Aula Kanwil. Kamis, (19/8). MoU juga dibarengi dengan Prosesi Scan QRIS Masjid bersama secara simbolis.

Dedi Suryadi mengungkapkan, dengan MoU ini diharapkan dapat memberikan kemudahan masyarakat yang akan menggunakan jasa dan produk perbankan, berdasarkan prinsip syariah.

‘’Baik untuk pendanaan maupun pembiayaan yang dibutuhkan. Apalagi di situasi pandemi Covid-19 membuat perubahan gaya hidup masyarakat yang semula harus bertransaksi offline kini harus menerapkan go digital melalui program QRIS,’’ kata Dedy.

‘’QRIS ini bisa dilakukan lebih mudah dari mana saja melalui gadget dengan pembayaran non tunai,’’ lanjut Dedy.

Pihaknya menargetkan semua masjid di Bengkulu ke depan bisa menggunakan QRIS untuk bisa berdonasi baik zakat, infaq dan sedekah (ZISWAF).

‘’Ini juga untuk keamanan masyarakat, karena tidak harus keluar rumah,’’ jelas Dedy.

Kakanwil Kemenag Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI mengapresiasi program BSI ini.Karena program ini memberikan solusi transaksi keuangan di pengurus Masjid, sehingga layanan penyimpanan dan pengeloaan dana pengurus lebih aman dan transparan.  

‘’Ini solusi yang ditawarkan BSI cukup bagus. Mudah-mudahan lebih memudahkan pengurus Masjid untuk bertransaksi, yang selama ini manual ke digital,’’ ungkap Kakanwil.

Kakanwil berkomitmen akan mengajak jajaran Kemenag Kabupaten/Kota dan pengurus DMI untuk bersama-sama ke daerah mensosialisasikan program ini ke pengurus Masjid.

‘’Lounching ini sebagai dasar mengawali kita untuk berkerjasama sosialisasi program ini ke pengurus Masjid,’’ pungkas Kakanwil.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Joni Marsius yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, QRIS diharapkan dapat memudahkan proses transaksi pengurus Masjid di Provinsi Bengkulu.

‘’Tentu dengan aplikasi digital, juga diharapkan dapat memutus rantai penyebaran wabah COVID -19,’’ demikian Joni Marsius.

Selain Kepala Perwakilan Bank Indonesia Joni Marsius,  hadir juga dalam acara ini Kabag Tata Usaha Drs. H. Hamdani.,M.Pd, Manager BSI Bengkulu Hijazi, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bengkulu Drs. Herman Yatim.,M.M serta pengurus Kabupaten,  Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Pemprov Bengkulu, pengurus Majelis Ulama Indonesia, pejabat eselon III dan IV dilingkungan Kanwil dan Kakan Kemenag se-Provinsi Bengkulu.

 

Penulis : Tatang Wss --- Fhotografer : Anugrah

 

 

Bagikan :