Fungsional Penyuluh Agama Islam Kanwil, Ikuti TOT TIK

Fungsional Penyuluh Agama Islam Kanwil, Ikuti TOT TIK

BEKASI (HUMAS) --- Fungsional Penyuluh Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Prov. Bengkulu mengikuti kegiatan Training of Trainer (ToT) Pelatihan Teknis bidang TIK untuk Penyuluh Agama. Kegiatan juga bersamaan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Kominfo dan Kemenag.

Kegiatan digelar di Gedung Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Senin, (21/6). TOT dibuka Kepala Balai Pelatihan Keminfo H. Nusirwan, M.SI dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

TOT terselenggara atas kalobarasi Kominfo dan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama tersebut, juga dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar, dan Direktur Penerangan Agama Islam, Syamsul Bahri, dan diikuti oleh 60 peserta terdiri dari para Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS.

Kamarudin dalam kesempatan tersebut mengatakan, Indonesia sebagai negara yang sangat majemuk, memiliki potensi konflik bersifat destruktif apabila tidak dikelola dengan baik, terlebih di era perkembangan teknologi informasi saat ini.

"Maka, peningkatan literasi di bidang teknologi informasi bagi para penyuluh agama sangat penting dilakukan," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, di era digital, kita sedang berkompetisi untuk mengatasi beberapa pihak yang mempunyai tujuan destruktif menciptakan dan memproduksi hoaks secara masif. Para penyuluh agama harus mempunyai literasi terkait teknologi informasi untuk menangkal hal tersebut.

"Para penyuluh harus bisa menyampaikan pesan-pesan agama di dunia digital melalui platform media sosial yang saat ini masyarakat khususnya kaum muda menggunakan media sosial untuk berkomunikasi," tegasnya.

Menurutnya, saat ini para generasi milenial dan generasi Z memilih instrumen komunikasi yang paling efektif dengan media sosial. Oleh karena itu, kapasitas di bidang digital dan agama menjadi hal yang sangat mendesak dan fundamental bagi para penyuluh.

Sementara itu, Pelatihan ini merupakan angkatan pertama, yang diadakan pada tanggal 20-26 Juni 2021, selanjutnya pelatihan angkatan kedua akan dilaksanakan pada 5-10 Juli 2021. (Tatang/Puad)

Bagikan :