MTsN 1 Seluma Isi Kegiatan Ramadhan dengan Murokaz Al Quran

MTsN 1 Seluma Isi Kegiatan Ramadhan dengan Murokaz Al Quran

Seluma (Humas)- Dalam rangka menyemarakkan kegiatan Ramadhan 1442 H, MTsN 1 Seluma melaksanakan kegiatan pesantren kilat Ramadhan. Kegiatan diawali dengan sholat dhuha, muroja’ah juz 30, kultum   dan dilanjutkan dengan kegiatan murokaz. Murokaz adalah kegiatan yang memfokuskan diri kepada Al Qur’an dengan agenda tilawah/membaca alquran sebanyak-banyaknya selama 1 hari (1 hari bersama al quran). Bertempat di Musholla MTsN 1 Seluma, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, mulai 5-6 Mei 2021 M. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 7, 8 dan seluruh dewan guru MTsN 1 Seluma.

Kepala MTsN 1 Seluma Emi Sudarmi, M.Pd.I., menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan berupaya untuk selalu mendekatkan diri dengan Al-Quran.

“Ramadhan merupakan bulannya al quran, oleh karena itu momentum ini sangat penting bagi kita semua. Mari kita perbanyak tilawah quran, minimal kita bisa khatam walaupun hanya sekali di bulan Ramadhan ini. Dengan Murokaz ini mudah-mudahan bisa menambah semangat kita, sehingga target tilawah qurannya bisa lebih banyak lagi. Mari kita fokuskan selama dua hari ini dengan al quran. Kita semua sama-sama belajar, tidak perlu malu dan patah semangat walaupun bacaan kita masih terbata-bata. Karena orang yang semangat membaca Al Quran walaupun terbata-bata dia akan mendapat dua kebaikan.” Kata Emi.

Selama mengikuti kegiatan, para peserta membaca kitab suci Al Qur'an mulai pukul
08.30 WIB sampai waktu sholat dzuhur. Peserta murokaz terlihat antusias dan khusuk dalam mengikuti kegiatan ini. Terbukti rata-rata peserta mampu menuntaskan bacaan al qur’annya sebanyak 2-3 juz per hari. Panitia juga telah menyiapkan dooprize/hadiah bagi peserta yang berhasil menyelesaikan bacaan quran terbanyak.

 

Patriansyah, S.Pd.I., selaku koordinator keagamaan mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan tilawah/membaca al qur’an menjadi tradisi bagi siswa-siswi, guru dan karyawan MTsN 1 Seluma. Hal ini penting sebagai landasan ruhiyah agar terbentuk generasi qurani di MTsN 1 Seluma. (HW)

Bagikan :