Siswa dan Dewan Guru MIN 1 RL Kumpulkan Zakat Fitrah di Madrasah

Siswa dan Dewan Guru MIN 1 RL Kumpulkan Zakat Fitrah di Madrasah

Rejang Lebong (Humas) --- Dalam rangka menunaikan kewajiban membayar zakat di bulan Ramadhan, dewan guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) mengumpulkan zakat fitrah di Madrasah, Rabu (05/05).

Kepala MIN 1 RL, Mufidatul Chairi,S.Ag.,M.Pd.I ketika dikonfirmasi mengenai pengumpulan zakat fitrah di Madrasah mengatakan bahwa pada tahun ini MIN 1 RL kembali membuka pengumpulan zakat fitrah di Madrasah.

“Pada tahun ini, MIN 1 RL kembali membuka pengumpulan zakat fitrah tahun 1442 hijriyah. Untuk pelaksanaannya kita telah membentuk panitia amil zakat, besaran zakat yang dibayarkan merujuk pada surat edaran dari Kantor Kemenag Kab. Rejang Lebong.” Kata Mufidatul.

Sementara itu, Ketua panitia amil zakat MIN 1 RL, Jumadi, S.Pd.I mengatakan pengumpulan zakat fitrah di MIN 1 RL mendapat respon yang baik dari dewan guru, siswa dan wali siswa dan kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pelaksanaan pengumpulan zakat di MIN 1 RL mendapat respon yang baik dari warga madrasah. Dewan guru dan siswa antusias  mengumpulkan zakat fitrahnya di madrasah. Pengumpulan zakat fitrah di madrasah dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para muzaki dan panitia amil zakat wajib mengenakan masker dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.” Kata Jumadi.

Lebih lanjut, Jumadi menambahkan zakat fitrah ini selanjutnya akan disalurkan kepada mereka yang berhak.

“Setelah terkumpul, zakat fitrah ini akan kita salurkan kepada siswa dan masyarakat sekitar madrasah berhak menerimanya. Semoga pelaksanaan pengumpulan zakat fitrah di MIN 1 RL dapat berjalan lancar sampai dengan proses penyalurannya nanti.” Tambah Jumadi.

Pada tahun ini, besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan untuk daerah Kabupaten Rejang Lebong yakni: 2,5 Kg s.d 2,7 Kg beras atau 10 canting beras. Jika diuangkan maka untuk katergori 1 sebesar Rp. 35.000, kategori 2 sebesar Rp. 30.000, dan kategori 3 sebesar Rp. 25.000. (Randi)

 

 

 

Bagikan :