Awal Ramadan Jatuh pada 13 April 2021, di Bengkulu Hilal Belum Terlihat

Awal Ramadan Jatuh pada 13 April 2021, di Bengkulu Hilal Belum Terlihat

BENGKULU (HUMAS) - Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatulhilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1442 H/2021M. Rukyatul Hilal dilaksanakan Senin,  (12/04) pada 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Di Bengkulu dilaksanakan Pukul 17.30 WIB, di Mess Pemda Provinsi Bengkulu, di Jalan Pasar Pantai Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu.

Kakanwil Drs. H. Zahdi Taher.,M.HI yang diwakili Kabag Tata Usaha Drs. H, Hamdani., M.Pd yang memimpin langsung pemantauan hilal (rukyatulhilal) mengatakan, dari hasil pemantauan tim, di Bengkulu hilal tidak terlihat.

‘’Kita sudah memantau. Karena tertutup awan, hilal belum terlihat,’’ kata Kabag didampingi Kabid Urais Kanwil Drs. H. Ramlan., M.HI

Meski demikian, Pemerintah telah menetapkan awal Ramadan 1442H jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers usai Sidang Isbat Awal Ramadan 1442H, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta.

“Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Selasa, 13 April 2021,” tutur Menag.

Kesepakatan ini menurut Menag, diambil setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis). "Keduanya saling memperkuat," jelas Menag.

Secara astronomis, pada hari pelaksanaan rukyat, 12 April 2021,  saat matahari terbenam, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat dan 36 menit.

‘’Dari penetapan ini, insyallah tidak akan ada perbedaan dalam mengawali bulan Ramadhan tahun ini,’’ jelas Kabag.

Tentunya lanjut mantan Kakan Kemenag Kabupaten Mukomuko ini, persamaan dari keputusan Bulan suci Ramadhan tahun ini akan selalu menjaga dan memperkokoh tali silaturahim, saling menghormati di setiap keputusan yang diambil, seperti tujuan dari rukyatul hilal.

‘’Yakni agar umat islam lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan ibadah, selain itu yang terpenting agar dapat diketahui dengan jelas tentang posisi hilal di Provinsi Bengkulu,’’ demikian Hamdani.

Diakhir penyampaiannya, Kakanwil menyampaikan kepada umat muslim se-Provinsi Bengkulu selamat menunaikan ibadah puasa. ‘’Semoga kita selalu dibawah lindungan Allah SWT,’’ demikian Kakanwil.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DWP Hj. Mega Haryanti Zahdi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Drs.H.R.M.Zaini.,S.H.M.HI, pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kanwil, dan Kemenag Kabupaten/Kota, perwakilan BMKG Bengkulu, BMKG Kabupaten Kepahiang, perwakilan MUI, PW Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, BAZNAS Provinsi Bengkulu, juga hadir pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Bengkulu. (Tatang)

 

Bagikan :