MTsN 2 Mukomuko Gelar Bimtek Akreditasi Madrasah Tahun 2021

MTsN 2 Mukomuko Gelar Bimtek Akreditasi Madrasah Tahun 2021

Mukomuko (Inmas), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mukomuko menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pendampingan persiapan akreditasi madrasah tahun 2021.

Kegiatan yang berlangsung di aula madrasah itu dilaksanakan pada hari Selasa (9/03/2021), mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB.

Hadir sekaligus sebagai narasumber dalam bimtek tersebut yaitu,  Drs. Irman JP, M.Pd.  Kegiatan bimtek tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru, dan staf tata usaha yang tergabung dalam kepanitiaan akreditasi MTsN 2 Mukomuko.

Kepala Madrasah, Sudirman, S.Ag, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan bimtek yaitu dalam rangka memberikan pendampingan kepada pihak-pihak yang masuk dalam tim kepanitiaan akreditasi madrasah tahun 2021.

"Kepada bapak dan ibu peserta bimtek mari kita simak pemaparan dari narasumber kita dengan serius. Agar nanti bapak dan ibu memperoleh gambaran dalam mempersiapkan instrumen-instrumen yang terkait dengan komponen akreditasi," papar Sudirman.

Menurut Irman dalam penilaian akreditasi tahun ini terdapat regulasi terbaru dimana hanya ada 4 komponen Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP). Pertama Komponen Mutu Lulusan, kedua Komponen Mutu Proses Pembelajaran, ketiga Komponen Mutu Guru Dan Tenaga Kependidikan, serta keempat Komponen Manajemen Sekolah.

"Dalam regulasi terbaru ada 4 komponen IASP yaitu mutu lulusan, proses pembelajaran, guru dan tenaga pendidik serta manajemen sekolah. Semua itu harus disiapkan agar memperoleh nilai yang maksimal,” tandas Irman.

Dalam sambutannya di penghujung acara,  kepala madrasah berpesan kepada tim akreditasi agar ada tindak lanjut setelah berakhirnya kegiatan bimtek tersebut. Perlu adanta evaluasi berkala setiap bulan kepada tim panitia akreditasi untuk memantau sejauh mana kesiapan dokumen fisik sesuai kebutuhan akreditasi. Masing-masing anggota tim diharapkan bisa saling membantu mencarikan solusi jika terdapat kendala dan hambatan dalam mempersiapkan setiap tahapnya sehingga target capaian akreditasi akan maksimal sesuai dengan harapan. (El Anhar)

Bagikan :