SISWA MAN 1 MUKOMUKO PRAKTIK MEMASAK MASAKAN NUSANTARA

SISWA MAN 1 MUKOMUKO PRAKTIK MEMASAK MASAKAN NUSANTARA

Mukomuko (Humas) - Mencintai dan mengenal Masakan Nusantara merupakan hal yang wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, mengajarkan dan membimbing generasi muda untuk mencintai Masakan Nusantara merupakan kewajiban yang mutlak dilakukan untuk mempertahankan Masakan Nusantara.

Untuk itu, MAN 1 Mukomuko mengadakan praktik memasak Masakan Nusantara Sabtu, 27 Februari 2021. Praktik tersebut diikuti oleh seluruh kelas XII yaitu kelas XII.IPS 1, XII. IPS 2, XII. IPS 3, XII. IPS 4, XII. IPA 1, dan XII IPA 2.

Setiap kelompok peserta praktik menentukan Makanan Nusantara yang akan dibuat sebagai menu andalan untuk memenangkan praktik. Kemudian menentukan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Masakan Nusantara yang telah ditentukan bersama anggota kelompok.

Praktik ini mungkin telah banyak dilakukan di sekolah atau Madrasah lain, tetapi ada hal yang berbeda dan sangat menarik dari praktik memasak Masakan Nusantara yang dilakukan di MAN 1 Mukomuko, karena 90?han-bahan yang digunakan adalah hasil pertanian orang tua siswa sendiri, sehingga bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang masih fresh. Hal ini, karena profesi orang tua siswa di MAN 1 Mukomuko sangat beragam, ada petani sayuran, petani cabai, petani padi, penjual ikan, dan penjual daging.

Kepala MAN 1 Mukomuko, Nursyamsiah, M. Pd. yang merupakan salah satu tim penilai mengatakan bahwa “Masakan Nusantara yang dibuat oleh peserta didik MAN 1 Mukomuko sangat enak dan fresh. Mereka mampu meracik bumbu dengan perpaduan rasa bumbu yang pas,” ujar Nursyamsiah.

Selain Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha Rizal Arifin, S. Sos.I yang juga bertindak sebagai juri memberikan komentar, bahwa masakan yang dibuat peserta didik sangat enak karena bahan-bahan yang digunakan masih segar, sehingga sangat terasa dan bumbu yang digunakan juga bumbu alami yang diracik sendiri.

Ada berbagai macam jenis Masakan Nusantara yang dimasak oleh peserta praktik. Seperti, Ayam Serundeng (ayam kelapa), Bacem Tempe Tahu, Sayur Asem, Semur Jengkol, Tempoyak Kuyung, Sambal Terasi, Rendang Ayam Jengkol, Sup Ayam, Kue lapis, Dadar Gulung, dan Goreng Jengkol. Selain makanan, minuman pun dibuat untuk melengkapi masakan yang mereka sajikan. Adapun minumannya adalah Es Jeruk Nipis, Es Selasih Kelapa, dan Es Dogan Pepaya, dll.

Selain tim penilai, Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga turut mencicipi hasil masakan siswa. Menurut beberapa Pendidik dan Tenaga Kependidikan, keunggulan masakan setiap kelompok adalah racikan bumbunya yang pas, kebersihan dan kemampuannya menyajikan juga sangat rapi. Selain itu, mereka sangat kompak dalam bekerja. *(J88)

Bagikan :