MAN 1 Mukomuko Terima Mandat Sebagai Madrasah Research

MAN 1 Mukomuko Terima Mandat Sebagai Madrasah Research

Mukomuko (Humas) - Keluarga Besar MAN 1 Mukomuko ikuti sosialisasi Madrasah Research dari Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Mukomuko, H. Widodo, S.H.I. pada Kamis, 04/02/2021 di Ruang Labor MAN 1 Mukomuko.

Saat membuka acara, H. Widodo Mengatakan "Dengan ditetapkannya MAN 1 Mukomuko sebagai Madrasah Research, ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan karena ada banyak Madrasah di Provinsi Bengkulu, namun yang ditetapkan sebagai Madrasah Research adalah MAN 1 Mukomuko."

"Ini patut disyukuri, semoga MAN 1 Mukomuko menjadi Madrasah yang unggul. Untuk mencapai itu perbanyak Literasi, Inovasi, dan Metode pembelajaran. Mari kita bersama-sama mewujudkan Madrasah hebat bermartabat melalui Madrasah Research," tambah H. Widodo.

Usai dibuka secara resmi oleh H. Widodo, acara sosialisasi dimulai dengan mendengarkan pemaparan materi oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Pendidikan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Bapak Sapruni, S.Pd. M.Pd. Dalam pemaparannya ada beberapa hal yang disampaikan, diantaranya mengenai ruang lingkup Madrasah Research dan hal yang harus diperhatikan dalam melakukan research atau penelitian.

Usai mendengarkan penyampaian materi sosialisasi Madrasah Research, Sapruni memberikan kesempatan kepada peserta sosialisasi untuk menyampaikan pertanyaan. Memanfaatkan kesempatan tersebut, Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 1 Mukomuko Nurhamidar, SE, menanyakan perihal kendala yang dialami MAN 1 Mukomuko dalam membimbing siswa penelitian adalah belum memadainya peralatan penelitian yang dimiliki oleh MAN 1 Mukomuko.

Oleh karena itu, Nurhamidar meminta adanya bantuan fasilitas atau alat penelitian agar pelaksanaan penelitian di MAN 1 Mukomuko dapat dilaksanakan dengan baik. Mendengar pernyataan Nurhamidar, Sapruni merespon dengan menyampaikan bahwa hal tersebut akan dicatat sebagai masukan untuk kemudian disampaikan kepada Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu untuk dipertimbangkan.

Selain alat penelitian, MAN 1 Mukomuko juga membutuhkan bantuan buku referensi untuk memenuhi landasan teori penelitian yang akan dilaksanakan. Selama ini siswa MAN 1 Mukomuko hanya memanfaatkan internet untuk mencari teori namun hal itu tidaklah cukup. Dalam penelitian ilmiah teori dari internet hanya dapat dilakukan sebagai referensi pendudung, referensi utama adalah buku, selain pengarangnya jelas, teorinya juga dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Kepala MAN 1 Mukomuko, Berterimakasih kepada Kanwil Kemeterian Agama Provinsi Bengkulu dan Kemenag Kab. Mukomuko karena telah memberikan kepercayaan kepada MAN 1 Mukomuko sebagai Madrasah Research. Selain itu, Ibu Nursysamsiah juga meminta bimbingan kepada seluruh pihak terkait dalam menjalankan amanah sebagai Madrasah Research. (J88)

Bagikan :